Pengaruh Suhu Penyimpanan Dan Simfoni Mozart Terhadap Emosi Dan Persepsi Sensoris Pada Coklat Putih Oleh Panelis Terlatih

Lestari, Sri (2016) Pengaruh Suhu Penyimpanan Dan Simfoni Mozart Terhadap Emosi Dan Persepsi Sensoris Pada Coklat Putih Oleh Panelis Terlatih. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minat konsumen terhadap produk pangan tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk pangan itu sendiri namun juga dipengaruhi oleh emosi. Emosi positif yang distimulasi oleh musik klasik simfoni Mozart dapat mempengaruhi persepsi penilaian atribut sensoris pada coklat putih. Penelitian ini mengaplikasikan variasi suhu penyimpanan sebagai pendekatan kualitas tekstur coklat putih. Pengujian sensoris dilakukan oleh sembilan orang panelis terlatih yang terpilih melalui uji seleksi sensoris. Pengujian dilakukan dua kali, pada pengujian pertama diberikan musik yang sama yakni symphony no.5 sedangkan pengujian kedua diberikan musik yang berbeda yakni symphony no.4 hingga symphony no.7. Suhu penyimpanan coklat putih yang tercatat pada pengujian pertama dan kedua pun juga berbeda, pada pengujian pertama tercatat suhu 31oC, 28 oC dan 10 oC sedangkan pengujian kedua tercatat 30 oC, 26 oC, dan 10 oC. Pengukuran atribut coklat putih dilakukan dengan metode spektrum dengan skala tidak terstruktur kemudian dianalisa menggunakan GLM (General Linear Model) dengan uji lanjut Turkey. Respon emosi panelis dianalisa menggunakan one proportion test yang sebelumnya dikelompokkan terlebih dahulu dan diberi kode. Uji GLM menyatakan terdapat perbedaan persepsi penilaian atribut sensoris coklat putih antara pengujian pertama dan pengujian kedua. Pada pengujian pertama diperoleh hasil yang berbeda nyata untuk atribut cohesive, time intensity melting point, hardness, grainy, dan crumbly dengan nilai p-value ≤0,05. Sedangkan pada pengujian kedua panelis tidak mendeteksi adanya perbedaan atribut hardness crumbly, dan grainy terhadap ketiga sampel coklat putih. Berdasarkan one proportion test pada pengujian pertama, emosi positif yang signifikan hanya muncul pada saat mengonsumsi coklat suhu 28 oC. Sementara itu, pada pengujian kedua emosi positif secara signifikan muncul ketika mengonsumsi ketiga sampel coklat putih. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, musik dengan frekuensi rendah dapat menimbulkan emosi positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/592/051610199
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Oct 2016 14:52
Last Modified: 25 Oct 2021 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151175
[thumbnail of Skripsi_Sri_Lestari.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Sri_Lestari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item