Analisis Penerimaan Aplikasi Tracking Kuliner Tersertifikasi Halal Berbasis Android Di Kota Kediri Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Wijaya, Candra Kusuma (2016) Analisis Penerimaan Aplikasi Tracking Kuliner Tersertifikasi Halal Berbasis Android Di Kota Kediri Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan sektor potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dan mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. Contohnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan khas atau oleh-oleh. Produk halal sangat penting bagi penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Saat ini, media yang tersedia untuk melihat sertifikat halal suatu produk masih terbatas maka dikembangkan Aplikasi Tracking Kuliner Tersertifikasi Halal Berbasis Android. Aplikasi ini mengintegrasikan aplikasi Android dengan layanan Google maps dan Global Positioning System (GPS) sehingga wisatawan dapat mengetahui informasi produk-produk halal serta lokasinya dalam bentuk peta navigasi dengan tambahan informasi menu makanan yang disajikan. Kegagalan pengembangan sistem informasi tergantung pada keterlibatan penggunanya. Pengembangan sistem informasi harus memasukan dimensi-dimensi kesesuaian penerimaan teknologi informasi oleh pengguna untuk mengurangi sekecil mungkin hambatan antara pengguna dengan sistem informasi yang dikembangkan. Karena itu keterlibatan UMKM penting untuk menilai aplikasi ini. Technology Acceptance Model (TAM) adalah teori sistem informasi yang membuat model tentang bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakan teknologi. TAM adalah salah satu model evaluasi kesuksesan sistem informasi dilihat dari penggunaan sistem. Model ini akan memberikan gambaran bahwa ada sejumlah faktor yang mempengaruhi keputusan pengguna dalam menggunakan sistem yang baru. xiv Faktor yang digunakan adalah perceived usefulness (persepsi kegunaan), perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan), social influence (pengaruh sosial), information quality (kualitas informasi). Hasil penelitian dengan metode TAM menunjukkan bahwa information quality dan social influence berpengaruh signifikan terhadap attitude towards using. Variabel perceived ease of use dan perceived usefullness berpengaruh tidak signifikan terhadap attitude towards using. information quality berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness, sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness. Aplikasi dapat diterima oleh pemilik UMKM karena memiliki kualitas informasi yang bagus untuk disampaikan pada konsumen dan dapat membantu promosi pemilik usaha. Pengaruh sosial juga mempunyai pengaruh nyata penerimaan aplikasi tracking kuliner tersertifikasi halal. Adanya penerimaan ini dapat digunakan sebagai bahan perbaikan dan pengembangan aplikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/56/051602937
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 15 Apr 2016 13:41
Last Modified: 16 Nov 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151139
[thumbnail of Front_matter.pdf]
Preview
Text
Front_matter.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab1-dapus.pdf]
Preview
Text
bab1-dapus.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
lembar_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item