Eprida, PerinDiana (2016) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment (Studi Kasus di Coffee Story, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha dalam bidang makanan dan minuman seperti cafe menjadi pilihan yang paling menjanjikan. Hal ini didukung dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih suka menikmati makan dan minum di luar seperti di cafe. Jumlah cafe di Kota Malang mengalami peningkatan dengan ditandai banyaknya cafe baru yang didirikan. Munculnya cafe baru tersebut menyebabkan persaingan bagi cafe lama untuk dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Salah satu cafe yang berada di Malang adalah Coffee Story. Coffee Story merupakan sebuah cafe yang berdiri sejak tanggal 11 November 2011 di Jalan Kawi Atas 23, Malang. Pada saat ini, Coffee Story hanya memiliki 2 karyawan yang mengakibatkan lamanya pelayanan penyajian makanan dan konsumen kurang merasa puas dengan rasa kopi yang dipesan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan yang dilakukan di Coffee Story dan menentukan dimensi kualitas pelayanan yang perlu diperbaiki. Fuzzy Servqual digunakan untuk menganalisis sistem pelayanan di Coffee Story. Fuzzy servqual berguna untuk mengukur tingkat persepsi dan ekspektasi konsumen. Dimensi kualitas yang dipakai meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Metode Quality Function Deployment (QFD) kemudian digunakan untuk mengintegrasikan kebutuhan konsumen dan respon teknis dalam mendapatkan prioritas perbaikan. Penilaian tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 93 responden di Coffee Story. Sedangkan penentuan hubungan antara kebutuhan konsumen dan respon viii teknis dalam House of Quality (HOQ) diperoleh dari kuesioner pakar yang ditujukan kepada pihak owner dan manager cafe. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa atribut prioritas yang membutuhkan usaha agar dapat mencapai target yang diinginkan adalah penampilan karyawan yang rapi dan menarik serta kualitas dan harga konsisten. Peningkatan rekomendasi perbaikan untuk cafe ini dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen, memberikan pelatihan serta pengembangan kepada karyawan dan melengkapi sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/554/051610161 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 14:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151133 |
![]() |
Text
11._Daftar_Gambar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
12._Daftar_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
15._Bab_III_Metode_Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
14._Bab_II_Tinjauan_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
13._Bab_1_Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
16._Bab_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
17._Bab_V_Kesimpulan_dan_Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
19._Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
18._Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3._Lembar_Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
1._Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2._Lembar_Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
4._Riwayat_Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
6._Ringkasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
5._Keaslian_TA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
7._Summary.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
8._Kata_Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
9._Daftar_Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
10._Daftar_Tabel.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |