Analisis Kelayakan Finansial Dan Strategi Pemasaran Cuka Apel (Studi Kasus Pada Cv. Herbal Nusantara Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Sanjaya, IMadeMadya (2016) Analisis Kelayakan Finansial Dan Strategi Pemasaran Cuka Apel (Studi Kasus Pada Cv. Herbal Nusantara Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kajian analisis finansial pada CV. Herbal Nusantara dilakukan untuk mengatasi keraguan pemilik UKM terkait dengan perbaikan pemasaran. Perbaikan pemasaran tidak dilakukan oleh pemilik UKM dikarenakan ketidakjelasan kelayakan usahanya. Perhitungan kelayakan finansial perlu dilakukan untuk mengetahui usaha tersebut layak untuk dijalankan atau tidak, jika usaha tersebut layak maka dapat dilakukan perbaikan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk memperoleh alternatif strategi pemasaran untuk pengembangan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan finansial usaha produksi cuka apel yang dilakukan oleh CV. Herbal Nusantara dan untuk menentukan alternatif strategi pemasaran produk cuka apel yang diproduksi oleh CV. Herbal Nusantara. Berdasarkan hasil penelitian, usaha yang dilakukan oleh CV. Herbal Nusantara dapat dikatakan layak untuk dijalankan dengan perolehan nilai NPV sebesar Rp.403.491.203 dan didapatkan nilai IRR sebesar 64%. Perumusan penentuan alternatif strategi pemasaran menggunakan metode SWOT menghasilkan 8 alternatif strategi pemasaran antara lain : mempertahankan harga produk yang kompetitif dan meningkatkan kualitas produk, membuka cabang baru untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kegiatan promosi, memperbaiki manajemen kegiatan produksi dan meningkatkan kualitas kemasan produk, meningkatkan kerjasama dengan pemasok bahan baku, menambah jangkauan lokasi pemasaran, memaksimalkan kegiatan promosi dengan memberikan bonus untuk jumlah penjualan tertentu dan melakukan perbaikan produk, dan mengontrol kegiatan produksi dan melakukan produksi dalam jumlah besar ketika bahan baku di lapangan berlimpah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/553/051610160
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Oct 2016 14:13
Last Modified: 25 Oct 2021 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151132
[thumbnail of ANALISIS_KELAYAKAN_FINANSIAL_DAN_STRATEGI_PEMASARAN_CUKA_APEL_A5.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_KELAYAKAN_FINANSIAL_DAN_STRATEGI_PEMASARAN_CUKA_APEL_A5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ANALISIS_KELAYAKAN_FINANSIAL_DAN_STRATEGI_PEMASARAN_CUKA_APEL_A4.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_KELAYAKAN_FINANSIAL_DAN_STRATEGI_PEMASARAN_CUKA_APEL_A4.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item