Penerapan Enviromental Management Accounting (Ema) Dalam Meningkatkan Eco-Effieciency Pada Home Industry Tahu Paritan- Jombang

Romadhoni, Rindi (2016) Penerapan Enviromental Management Accounting (Ema) Dalam Meningkatkan Eco-Effieciency Pada Home Industry Tahu Paritan- Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lingkungan merupakan instrumen penting yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan produksi suatu perusahaan, karena adanya hubungan sebab akibat antara proses produksi, barang yang dihasilkan dan lingkungan. Suatu kegiatan produksi menghasilkan barang yang akan dikonsumsi dan dinikmati oleh konsumen, tetapi dalam proses produksi tersebut menimbulkan dampak pencemaran yang tidak dapat dihindari, yang disebabkan oleh bahan yang digunakan maupun dampak dari penggunaan alat-alatnya. Untuk itu dalam penerapan strategi perusahaan mengenai lingkungan dibutuhkan sebuah konsep yang menunjang tercapainya rencana penanganan lingkungan dan membantu untuk mendapatkan informasi mengenai kinerja lingkungan secara detail dan jelas dalam mengambil berbagai alternatif keputusan. Konsep tersebut ialah Akuntansi Manajemen Lingkungan atau yang sering disebut dengan Enviromental Management Accounting (EMA). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan kinerja ekonomi dan kinerja lingkungan berdasarkan data-data perusahaan yang ditinjau dari data MEFA dan ECA. Manfaat penelitian ini bersifat penelitian terapan, karena penelitian ini dilakukan untuk memberikan alternatif-alternatif solusi dalam menghadapi masalah yang ada di bagian produksi terutama biaya lingkungan yang terjadi serta alur bahan dan energi. Peneliti menggunakan analisis pendekatan Environmental Management Accounting. pendekatan tersebut diharapkan peneliti dapat menelusuri biayabiaya dengan lebih akurat sehingga memperoleh gambaran detail mengenai arus material sepanjang proses produksi. Setelah mendapatkan gambaran, selanjutnya peneliti dapat vii mengkonversi penggunaan material ke dalam nilai moneter dalam menganalisis biaya-biaya lingkungan yang terkait. Hasil penelitian di Home Industry Paritan – Jombang menunjukkan bahwa. Analisis eco-efficiency menunjukkan bahwa efisiensi kinerja ekonomi dan kinerja lingkungan berada pada batas kinerja tinggi (High Performance) dengan kenaikan kinerja ekonomi sebesar 7,98% dan kenaikan kinerja lingkungan sebesar 5,23%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/544/051610151
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2016 15:23
Last Modified: 18 Oct 2016 15:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151122
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item