Perencanaan Strategi Pengembangan Kantin Dengan Metode Ahp Dan Topsis (Studi Kasus Kantin Ftp Universitas Brawijaya, Malang)

Puspita, FibriRachma (2016) Perencanaan Strategi Pengembangan Kantin Dengan Metode Ahp Dan Topsis (Studi Kasus Kantin Ftp Universitas Brawijaya, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kantin merupakan salah satu sarana sebagai profit center fakultas. Kantin FTP UB adalah salah satu kantin yang berada di Universitas Brawijaya. Kurang optimal kinerja di kantin sehingga dilakukan perencanaan pengembangan kantin. Kendala internal adalah area kurang luas dan air yang tidak mengalir dengan lancar. Kendala eksternal adalah persaingan dengan kantin lain. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi, pembobotan dan perangkingan alternatif strategi penguat untuk pengembangan usaha Kantin FTP UB. Responden pakar yang digunakan berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 orang Koordinator Kantin, 1 orang KA TU, 1 orang Dharma Wanita, dan 1 orang Akademisi. Perencanaan pengembangan usaha akan dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Manajemen merupakan faktor yang menjadi prioritas dalam pengembangan Kantin FTP UB dengan kriteria yang diutamakan adalah peningkatan fasilitas. Tiga alternatif strategi dengan prioritas tertinggi adalah penataan kantin, meningkatkan inovasi produk, dan meningkatkan kualitas layanan. Alternatif strategi penguat yang menjadi prioritas utama penataan kantin adalah memperbaiki layout kantin. Pada inovasi produk alternatif startegi penguat yang menjadi prioritas utama adalah menambah variasi menu. Sedangkan untuk alternatif startegi penguat yang menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kualitas layanan adalah menambah staff kebersihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/542/051610149
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Oct 2016 11:12
Last Modified: 25 Oct 2021 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151120
[thumbnail of III_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover_dll.pdf]
Preview
Text
Cover_dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item