Analisis Produktivitas Produksi Kacang Shanghai Dengan Menggunakan Metode Multi Factor Productivity Measurement Model (Mfpmm) Dan Habberstad Productivity Model (Pospac)(Studi Kasus Di Ud. Gangsar, Ngu

Setyaputri, MustikaAyu (2016) Analisis Produktivitas Produksi Kacang Shanghai Dengan Menggunakan Metode Multi Factor Productivity Measurement Model (Mfpmm) Dan Habberstad Productivity Model (Pospac)(Studi Kasus Di Ud. Gangsar, Ngu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD. Gangsar merupakan salah satu perusahaan di Kabupaten Tulungagung yang memproduksi kacang shanghai. Analisis produktivitas produksi perlu dilakukan pada UD. Gangsar agar dapat diketahui penyebab dari fluktuasi produksinya, selain itu juga agar dapat diketahui bagaimana kondisi dan tingkat pencapaian efisiensi dan efektivitas perusahaan, serta dapat menentukan rencana usulan perbaikan agar produktivitas perusahaan meningkat di masa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Metode Multi Factor Productivity Measurement Model (MFPMM) dan POSPAC (Habberstad Productivity Model). Metode MFPMM ini dipilih karena merupakan metode dengan pendekatan yang dinamis dan komprehensif untuk melacak kinerja di bidang profitabilitas dan produktivitas. Model POSPAC sendiri dipilih untuk karena metode ini menyajikan secara lengkap elemenelemen parsial perusahaan yang dipakai untuk mengukur produktivitas, antara lain produktivitas produksi, produktivitas organisasi, produktivitas penjualan, produktivitas produk, produktivitas tenaga kerja, dan produktivitas modal. Hasil perhitungan produktivitas produksi UD. Gangsar dengan menggunakan metode MFPMM menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat produktivitas produksi kacang shanghai di UD. Gangsar menurun sebesar 1,67% pada periode 2. Penurunan produktivitas terutama terjadi pada total input bahan baku, tenaga kerja, energi listrik, dan energi solar. Hal tersebut menyebabkan perusahaan mengalami kehilangan peluang mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.055.341.531,43. Hasil perhitungan produktivitas UD. Gangsar dengan menggunakan metode POSPAC, menunjukkan bahwa vii terdapat tiga elemen yang mengalami penurunan produktivitas, antara lain produktivitas tenaga kerja yang menurun sebesar 6,95%; produktivitas penjualan yang menurun sebesar 7,57%; dan produktivitas produk yang menurun sebesar 5% pada periode 2. Rencana usulan perbaikan produktivitas di UD. Gangsar yaitu dengan memberikan pengarahan kepada tenaga kerja mengenai metode kerja yang efektif dan efisien. Selain itu, perusahaan perlu menyesuaikan kuantitas bahan baku dengan permintaan konsumen. Perusahaan juga perlu melakukan perencanaan strategi perusahaan dalam hal produksi, menganalisa nilai dan kebutuhan pada input produksi yang digunakan, serta mengatur penggunaan energi listrik dan energi solar sesuai kebutuhan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/529/051610136
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2016 15:16
Last Modified: 25 Oct 2021 01:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151105
[thumbnail of lembar_persetujuan_Mustika.pdf]
Preview
Text
lembar_persetujuan_Mustika.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan_Mustika.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan_Mustika.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_MUSTIKA_A5.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MUSTIKA_A5.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item