Pengaruh Frekuensi Dan Waktu Pretreatment Ultrasound Assited Extraction (Uae) Terhadap Rendemen Dan Kualitas Virgin Coconut Oil

Prayudi, Rachmat (2016) Pengaruh Frekuensi Dan Waktu Pretreatment Ultrasound Assited Extraction (Uae) Terhadap Rendemen Dan Kualitas Virgin Coconut Oil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging buah kelapa dapat dijadikan berbagai macam olahan produk, salah satunya dijadikan Virgin Coconut Oil (VCO). Proses pembuatan VCO terbaik selama ini menggunakan metode sentrifugasi. Perlakuan pretreatment ultrasound diharapkan mampu membantu proses pemecahan emulsi sebelum dilakukan sentrifugasi pada santan kelapa untuk menghasilkan rendemen dan kualitas VCO yang lebih baik. Secara teoritis pemecahan emulsi dicapai dari tiga mekanisme utama yaitu flokulasi, koagulasi dan peleburan sehingga pretreatment ultrasound diasumsikan meningkatkan momentum dan kekuatan melalui getaran mekanik. Faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah alat sonikator dan lama waktu perlakuan yang menghasilkan rendemen dan kualitas VCO terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan besaran frekuensi dan lama waktu pretreatment ultrasound yang menghasilkan rendemen dan kualitas VCO terbaik. Faktor utama yang berperan dalam penelitian ini adalah energi kavitasi. Gelembung kavitasi saling bergesekan dan berbenturan dengan globula emulsi minyak dan air. Energi selama proses gesekan dan benturan pada globula akan membantu merenggangkan emulsi minyak dan air. Renggangnya ikatan emulsi mempermudah lepasnya ikatan minyak dan air pada proses sentrifugasi sehingga minyak yang dihasilkan lebih optimal. Parameter yang dipilih sebagai pengujian kualitas antara lain kadar air, berat jenis dan FFA. Hasil pengaruh frekuensi dan waktu pretreatment ultrasound assited extraction (UAE) terhadap rendemen dan kualitas virgin coconut oil pada penelitian ini berbanding terbalik. Rendemen tertinggi menghasilkan kualitas yang rendah, sedangkan kualitas terbaik menghasilkan viii rendemen rendah. Rendemen tertinggi diperoleh pada waktu 10 menit kedua frekuensi. Kualitas terbaik pada frekuensi 28 kHz waktu 15 menit dan pada frekuensi 20 kHz waktu 20 menit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/528/051610133
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Oct 2016 09:58
Last Modified: 25 Oct 2021 01:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151104
[thumbnail of Daftar_Pustaka_&_Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka_&_Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item