Pengaruh Konsentrasi Cmc Dan Suhu Pengeringan Terhadap Sifat Mekanik Dan Sifat Degradasi Pada Plastik Biodegradable Berbasis Tepung Jagung

Nurfauzi, Sobirin (2016) Pengaruh Konsentrasi Cmc Dan Suhu Pengeringan Terhadap Sifat Mekanik Dan Sifat Degradasi Pada Plastik Biodegradable Berbasis Tepung Jagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya jumlah sampah kantong plastik di Indonesia mengharuskan produsen makanan beralih ke plastik yang lebih ramah lingkungan seperti bioplastik. Bioplastik merupakan salah satu jenis plastik yang terbuat dari polisakarida yang berasal dari tumbuhan seperti selulosa dan pati. Salah satunya adalah pati jagung yang memiliki kandungan amilosa cukup tinggi dan mudah terurai di alam. Pada penelitian ini digunakan tepung jagung sebagai bahan baku pembuatan film plastik biodegradable. Terdapat dua faktor perlakuan yaitu konsentrasi penambahan CMC dan suhu pengeringan. Setiap perlakuan terdiri dari 3 taraf yaitu 0,5% (b/v) 1% (b/v), dan 1,5% (b/v) serta suhu pengeringan yaitu 50ᵒC, 70ᵒC dan 90ᵒC yang dikeringkan selama 3 jam. Untuk memperbaiki fleksibilitas plastik ditambahkan gliserol sebesar 2% (v/v). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi cmc dan suhu pengeringan terhadap sifat mekanik dan sifat biodegradasi, serta melakukan pengujian fisik seperti pengukuran densitas dan uji ketahanan plastik terhadap air. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi suhu pengeringan akan menurunkan nilai kuat tarik dan persen pemanjangan. Banyaknya konsentrasi cmc akan meningkatkan nilai kuat tarik dan menurunkan persen pemanjangan. Film plastik akan semakin cepat terdegradasi dengan semakin banyak konsentrasi cmc dan semakin tinggi suhu pengeringan akan semakin lama terdegradasi. Sifat ketahanan plastik terhadap air semakin rendah seiring peningkatan konsentrasi cmc dan peningkatan suhu pengeringan. Densitas meningkat seiring dengan peningkatan suhu pengeringan dan penambahan konsentrasi cmc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/526/051610133
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Oct 2016 14:19
Last Modified: 25 Oct 2021 01:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151102
[thumbnail of SKRIPSI_SOBIRIN_NURFAUZI_(125100201111016).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SOBIRIN_NURFAUZI_(125100201111016).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item