Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Monopoli Soekarno Hatta Malang)

Oktasari, Fibiandra (2016) Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen (Studi Pada Monopoli Soekarno Hatta Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis ritel modern yang terus berkembang di Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan. Persaingan yang sangat ketat menuntut para pengusaha untuk dapat menentukan strategi yang tepat dalam berkompetisi. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan membuat sesuatu yang berbeda. Store atmosphere bisa menjadi alternatif untuk membedakan toko yang satu dengan yang lainnya. Monopoli adalah salah satu cafe and resto di kota Malang yang memiliki konsep sangat unik. Monopoli ini memiliki konsep store atmosphere yang menarik. Namun, Monopoli mulai memiliki banyak pesaing lainnya yang juga menjual produk yang serupa dengan konsep café and resto yang menarik seperti: My Kopi O, Busker Beans, dan Amsterdam. Cakupan strategi store atmosphere bisa dikelompokan menjadi Instore dan Outstore. Store atmosphere bisa dipahami sebagai penataan ruang dalam (Instore) dan ruang luar (Outstore) yang dapat menciptakan kenyamanan bagi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Structural Eequation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Variabel independen dalam penelitian ini adalah outstore atmosphere dan instore atmosphere. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah minat beli dan kepuasan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisi oleh responden yang mengunjungi Monopoli Soekarno Hatta Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh outstore atmosphere dan instore atmosphere terhadap minat beli dan kepuasan konsumen. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa outstore atmosphere (X1) dan instore atmosphere (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli (Y1) dan viii kepuasan konsumen (Y2). Variabel minat beli (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y2) di Monopoli Soekarno Hatta Malang. Pengaruh paling besar/dominan terdapat pada pengaruh instore atmosphere (X2) terhadap minat beli (Y1) dengan nilai Original Sample sebesar 0.456 dan instore atmosphere (X2) terhadap kepuasan (Y2) dengan nilai Original Sample sebesar 0.305. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar Monopoli Cafe and Resto tetap menjaga keunggulan store atmosphere yang dimiliki, karena sebagian pelanggan memutuskan membeli karena store atmosphere-nya, dan tetap menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan utama Monopoli Cafe and Resto karena hal tersebut berdampak besar pada pembelian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/507/051610114
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2016 11:11
Last Modified: 24 Oct 2021 22:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151081
[thumbnail of 3_DAFTAR_ISI_A5.pdf]
Preview
Text
3_DAFTAR_ISI_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_PENGESAHAN_RINGKASAN_A5.pdf]
Preview
Text
2_PENGESAHAN_RINGKASAN_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_4,5_A5.pdf]
Preview
Text
5_BAB_4,5_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_BAB_1,2,3_A5.pdf]
Preview
Text
4_BAB_1,2,3_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf]
Preview
Text
6_DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_LAMPIRAN_A5.pdf]
Preview
Text
7_LAMPIRAN_A5.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1_Cover_A5.pdf]
Preview
Text
1_Cover_A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item