Efektivitas Dan Efisiensi Alat Pemupuk Portable Spring Valve Berbasis Sistem Pertanian Berkelanjutan Pada Proses Pemupukan Tanaman Jagung Di Desa Pandanrejo, Kota Batu

Avionita, Intan (2016) Efektivitas Dan Efisiensi Alat Pemupuk Portable Spring Valve Berbasis Sistem Pertanian Berkelanjutan Pada Proses Pemupukan Tanaman Jagung Di Desa Pandanrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Tani Pangestu merupakan salah satu kelompok tani di Desa Pandanrejo, Kota Batu dengan komoditas unggulan jagung manis. Namun, hasil panennya sering mengalami fluktuasi. Akibatnya, permintaan pasar tidak selalu terpenuhi. Penyebab utama fluktuatifnya hasil panen jagung ialah kurang tepatnya metode pemupukan dan berakibat pada keadaan tanah yang kering. Aplikasi pupuk cair pada musim penghujan, nutrisinya berpeluang hilang bersama aliran air sedangkan jika diaplikasikan pupuk granul maka biaya pekerjanya tinggi karena metode masih konvensional . Oleh karena itu, aplikasi teknologi pemupukan baru berbasis spring valve sangat dibutuhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, pengoperasian, dan efektivitas serta efisiensi dari penggunaan alat pemupuk portable (ENCHIS) pada proses pemupukan jagung pada kelompok tani tersebut. Metode pelaksanaan meliputi perancangan alat disertai perhitungan gaya dan kenyamanan, pembuatan alat di Bengkel Sahabat Teknik, uji kinerja di Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian Universitas Brawijaya, dan implementasi alat pada mitra. Pengaplikasian ENCHIS menunjukkan kemanfaatan yang besar, diantaranya ialah peningkatan kapasitas kerja hingga 20 kali lipat, penurunan jumlah pekerja, penurunan waktu operasi, dan meningkatnya pendapatan petani. Kemanfaatan juga dapat dilihat dari segi diversifikasi fungsi alat untuk berbagai komoditas pertanian dan jumlah takaran pupuk keluaran yang terukur, sehingga dapat mewujudkan pertanian ramah lingkungan serta jagung tumbuh optimal dan seragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/471/051610078
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2016 08:37
Last Modified: 24 Oct 2021 22:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151040
[thumbnail of 2-Cover_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
2-Cover_daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1-cover.pdf]
Preview
Text
1-cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI_DAN_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
ISI_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item