Analisis Persaingan Produk Rokok Mild Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) (Studi Kasus Di Kota Malang)

Azkiya, PrimaDieky (2016) Analisis Persaingan Produk Rokok Mild Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) (Studi Kasus Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri rokok di Indonesia dapat dikatakan sangat bergairah sejak dahulu, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku masyarakat Indonesia dengan kebiasaan merokoknya yang tidak memandang usia dan gender. Potensi angka permintaan produk rokok yang besar ini memberi peluang bagi produsen untuk selalu melakukan terobosan agar produknya dapat menjadi pilihan utama perokok di Indonesia. Di Indonesia terdapat beberapa merek dagang rokok mild yang cukup dikenal oleh kalangan perokok, diantaranya adalah A Mild, Clas Mild, LA Lights dan Pro Mild. Produsen dari keempat merek rokok tersebut telah lama menjadi produsen rokok terbesar di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari Bank Mandiri, jenis rokok Mild menempati urutan pertama dalam penguasaan pangsa pasar rokok. Persaingan antar merek rokok menjadi sangat penting diidentifikasi agar dapat memberikan gambaran informasi untuk produsen mengenai langkah apa yang seharusnya diambil untuk mempertahankan posisi produk atau bahkan menaikkan posisi produk tersebut. Berkembangnya industri rokok di Indonesia ini tentunya menjadikan persaingan antar produsen rokok nasional menjadi ketat untuk mencapai posisi teratas dalam segi apapun dan menjadi pilihan nomor 1 bagi konsumen perokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa saja yang signifikan sebagai pembentuk faktor dari variabel penelitian, yaitu produk, harga dan promosi dengan mengguanakan analisis faktor. Selanjutnya juga untuk menganalisis persaingan produk rokok mild melalui pemetaan vii yang terbentuk dengan menggunakan metode multidimensional scalling. Hasil Analisis faktor menunjukkan bahwa atribut yang signifkan sebagai pembentuk variabel produk adalah faktor 1 yaitu Ukuran Batang, Popularitas Produk, Daya Bakar, dan Kemasan Menarik, sedangkan faktor 2 yaitu Rasa dan Aroma. Atribut yang signifkan sebagai pembentuk variabel Harga adalah faktor 1 yaitu Harga Terjangkau, Harga Sesuai Isi, dan Harga Sesuai Mutu, sedangkan faktor 2 yaitu Harga Promo. Atribut yang signifkan sebagai pembentuk variabel Promosi adalah faktor 1 yaitu Slogan atau Tagline menarik, Frekuensi Iklan, Menjadi Sponsor Event, dan Banyaknya Baliho atau Poster di Tempat Umum, sedangkan faktor 2 adalah Rekomendasi dari Perokok Lain. Hasil analisis Multidimensional scalling menunjukkan peringkat keempat merek rokok yang diperbandingkan di setiap variabelnya. Pada variabel produk, merek rokok A Mild unggul pada faktor “Kualitas Rasa dan Aroma” sedangkan Clas Mild unggul pada faktor “Bentuk Fisik Produk”. Pada variabel harga, merek rokok Pro Mild unggul pada kedua faktor yaitu “Kesesuaian Harga Produk” dan “Promosi Harga”. Pada variabel promosi, rokok bermerek Clas Mild unggul pada faktor “Keaktifan Promosi Produsen”, sedangkan A Mild unggul pada faktor “Rekomendasi Produk”. A Mild merupakan merek rokok yang paling disukai oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/457/051610064
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Oct 2016 09:14
Last Modified: 24 Oct 2021 22:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151024
[thumbnail of 4.TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4.TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 6.HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
6.HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
5.METODE_PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.LEMBAR_PERSETUJUAN-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
2.LEMBAR_PERSETUJUAN-DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
3.PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item