Studi Karakteristik Atribut Sensori Kaoya Menggunakan Metode Rate-All-That-Apply (Rata) Pada Pelajar Di Beberapa Sma Di Rembang Dan Malang

Novitasari, NurKhasanah (2016) Studi Karakteristik Atribut Sensori Kaoya Menggunakan Metode Rate-All-That-Apply (Rata) Pada Pelajar Di Beberapa Sma Di Rembang Dan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kaoya merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari Rembang, Jawa Tengah. Terdapat dua jenis kaoya yaitu kaoya kacang hijau dan ketan yang keduanya mempunyai karakteristik fisik hampir sama. Keberadaan kaoya semakin langka karena sedikitnya pengrajin yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan karakteristik sensori kedua jenis kaoya, mengetahui pengaruh karakteristik kimia kaoya terhadap atribut sensorinya, serta mengetahui penerimaan keseluruhan kaoya oleh generasi muda. Penelitian ini terdiri dari penelitian pendahuluan (survei langsung, dan wawancara) untuk menghimpun atribut sensori kedua jenis kaoya dan penelitian utama (evaluasi sensori menggunakan metode Rate-All-That-Apply (RATA) untuk mengetahui intensitas dan perbedaan atribut kedua jenis kaoya. Metode analisa yang digunakan untuk mengetahui perbedaan atribut kaoya adalah Uji Friedman. Analysis of Variance General Liner Model (ANOVA GLM) digunakan untuk mengetahui perbedaan intensitas atribut berdasarkan beberapa variabel yang dilanjutkan dengan Uji Tukey untuk mengetahui notasinya. Principal Component Analysis (PCA) digunakan untuk mengetahu sebaran respon dan mengetahui atribut yang mempengaruhi penerimaan keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan karaketeristik kaoya kacang hijau dan ketan berbeda. Kaoya kacang hijau memiliki atribut rasa manis, tekstur rapuh, tekstur lembut, aroma kacang hijau, aroma lontar, aroma manis gula warna putih kecoklatan, flavor kacang hijau, dan flavor lontar. Kaoya ketan memiliki atribut rasa manis, tekstur rapuh, tekstur lembut, aroma lontar, aroma manis gula, warna putih kecoklatan, flavor ketan, dan flavor lontar. Atribut yang sama-sama dimiliki keduanya memilki perbedaan intensitas dimana hampir keseluruhan intensitas atribut yang lebih tinggi dimiliki oleh kaoya kacang hijau. PCA menunjukkan bahwa sebaran respon panelis terhadap atribut memiliki total variansi sebesar 42,25% dimana dipengaruhi oleh Dim 1 (24,43%) dan Dim 2 (17,82%). Atribut yang sangat mempengaruhi penerimaan keseleruhan konsumen adalah flavor kacang hijau dan aroma lontar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/446/051610052
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Oct 2016 10:49
Last Modified: 24 Oct 2021 22:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151012
[thumbnail of Draft.pdf] Text
Draft.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item