Uji Terhadap Profil Lipid Serbuk Suplemen Berbasis Cincau Hitam (Mesona Palustris BL) Dengan Penambahan Daun Bungur (Lagerstroemia Speciosa) Terhadap Kadar Kolesterol Tikus Wistar Yang Diberi Diet Tin

Puspitasari, ReniDwi (2016) Uji Terhadap Profil Lipid Serbuk Suplemen Berbasis Cincau Hitam (Mesona Palustris BL) Dengan Penambahan Daun Bungur (Lagerstroemia Speciosa) Terhadap Kadar Kolesterol Tikus Wistar Yang Diberi Diet Tin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Penyakit jantung koroner terutama disebabkan oleh kelainan miokardium karena aterosklerosis yang merupakan proses degeneratif. Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebabnya adalah gaya hidup (life style). Pada sebuah penelitian, tanaman cincau hitam ini diketahui mampu menurunkan kolesterol karena mengandung banyak antioksidan didalamnya. Selain cincau hitam, salah satu tumbuhan yang mempunyai khasiat menurunkan kolesterol darah adalah daun bungur (Lagerstroemia speciosa) yang memiliki kandungan fenol, ellagitannin, gallotanin dan asam korosolat. Hal ini menjadikan peluang cincau hitam dan daun bungur dapat dikembangkan menjadi suplemen berbahan alami yang bermanfaat bagi pengobatan kolesterol. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelarut dan proporsi suplemen cincau hitam : daun bungur yang sesuai dalam pembuatan suplemen berbasis cincau hitam (Mesona palustris BL) dengan penambahan daun bungur (Lagerstroemia speciosa) serta mengetahui pengaruh pemberian suplemen dalam menurunkan kadar kolesterol tikus wistar secara In Vivo melalui Pengujian Preventif Perlakuan terbaik pada penelitian ini didapatkan pada produk suplemen yang diekstrak menggunakan pelarut aquades proporsi 2:1 dan etanol proporsi 1:0. Kadar air, total fenol dan IC50 suplemen aquades dan etanol berturut-turut adalah 5.444%,194.583 ppm, 98.002 ppm dan 5.797%, 47.417 ppm, 79.438 ppm. Pemberian serbuk suplemen berbasis cincau hitam dengan penambahan daun bungur memberikan pengaruh nyata (α=0,01) terhadap rerata perubahan pencegahan dan penurunan kadar kolesterol, Trigliserida, LDL dan kenaikan HDL dengan pelarut aquades (2:1) dan etanol (1:0) dosis 7,2mg/200g BBT untuk dosis I dan dosis II 21,6mg/200g BBT. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa serbuk suplemen berbasis cincau hitam dan daun bungur masing-masing memiliki komponen aktif yang berperan dalam penurunan kadar kolesterol dalam darah, dan juga suplemen yang diekstrak menggunakan pelarut dan dengan penambahan dekstrin 5% juga dapat mempengaruhi hasil produk serbuk suplemen sebagai penurunan kolesterol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/435/051610041
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Oct 2016 10:59
Last Modified: 24 Oct 2021 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151000
[thumbnail of SKRIPSI_RENI_DWI_PUPITASARI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RENI_DWI_PUPITASARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item