Pengaruh Tingkat Ketuaan Daun Cincau Dan Proporsi Daun : Air Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Gel Cincau Perdu (Premna Oblongifolia Merr)

Ekasari, Maulida (2016) Pengaruh Tingkat Ketuaan Daun Cincau Dan Proporsi Daun : Air Terhadap Karakteristik Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Gel Cincau Perdu (Premna Oblongifolia Merr). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konstipasi atau sembelit merupakan masalah yang sering terjadi pada masa anak. Konstipasi adalah suatu keadaan yang ditandai oleh perubahan konsistensi feses menjadi keras, ukuran besar, dan kesulitan defekasi. Salah satu penyebeb konstipasi karena asupan serat rendah yang dapat menyebabkan masa feses berkurang dan sulit dibuang. Asupan makan sehat diperlukan oleh anak dalam masa pertumbuhan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit. Salah satu pengobatan konstipasi secara alami adalah dengan mengkonsumsi serat yang cukup, dan salah satu bahan makanan yang mengandung serat adalah gel cincau perdu. Permasalahan yang muncul dalam pembuatan gel cincau perdu adalah sineresis yaitu pengerutan produk yang diikuti dengan hilangnya cairan. Oleh karena itu, perlu diketahui kondisi optimum pembuatan gel cincau perdu ditinjau dari tingkat ketuaan daun cincau dan proporsi daun : air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat ketuaan daun cincau dan proporsi daun : air yang menghasilkan gel cincau perdu yang baik dalam segi karakteristik fisik, kimia, dan organoleptik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor I adalah tingkat ketuaan daun cincau yaitu daun muda dan daun tua. Faktor II adalah proporsi daun : air yaitu 1:10, 1:15, 1:20, dan 1:25. Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) dengan selang kepercayaan 5% dan 1% yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perlakuan yang diberikan. Jika hasil uji memperlihatkan adanya perbedaan nyata, maka dilanjutkan dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Pemilihan perlakuan terbaik menggunakan metode multiple attribute Zeleny. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuaan daun cincau dan proporsi air pada pembuatan gel cincau perdu berpengaruh sangat nyata (α=0,01) terhadap total rendemen dan nilai IC50 serta terdapat interaksi antara kedua perlakuan. Tingkat ketuaan daun cincau berpengaruh nyata (α=0,05) terhadap kadar air, serat pangan, total rendemen, sineresis, nilai L, nilai a*, nilai b*, dan nilai IC50. Proporsi daun : air berpengaruh nyata (α=0,05) terhadap serat pangan, total rendemen, pH, sineresis, tekstur, nilai L, nilai a*, dan nilai IC50. Analisis organoleptik menunjukkan bahwa tingkat ketuaan daun cincau dan proporsi air berpengaruh sangat nyata (α=0,01) terhadap tingkat kesukaan tekstur, warna, rasa, dan aroma gel cincau perdu. Perlakuan terbaik dari segi fisik, kimia, dan organoleptik gel cincau perdu dengan perlakuan daun tua dan proporsi daun : air yaitu 1:25. Diperoleh rerata kadar air (97,52%), serat pangan (1,92%), total rendemen (78,80%), pH (6,27), sineresis (7,45%), tekstur (0,63 N), nilai L gel cincau (32,23), nilai a* gel cincau (-2,10), nilai b* gel cincau (7,10), IC50 (21055,6667 ppm), rerata kesukaan warna (3,68), rasa (3,08), aroma (3,25), dan tekstur (3,45).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/421/051610027
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Oct 2016 10:35
Last Modified: 24 Oct 2021 15:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150986
[thumbnail of SKRIPSI_MAULIDA_EKASARI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_MAULIDA_EKASARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item