Analisis Preferensi Konsumen Beras Analog Dengan Metode Partial Least Square (Pls) (Studi Kasus Di Ud Wijaya Food Srengat, Blitar)

Malik, Achmad Syaifuddin (2016) Analisis Preferensi Konsumen Beras Analog Dengan Metode Partial Least Square (Pls) (Studi Kasus Di Ud Wijaya Food Srengat, Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Preferensi konsumen merupakan suatu hal yang paling disukai atau diprioritaskan konsumen terhadap suatu produk. Preferensi konsumen memberikan gambaran keinginan konsumen terhadap suatu produk, sehingga dapat dijadikan acuan mengambil langkah strategik dalam pemasaran. Dalam penelitian terdapat 3 variabel yang diteliti yaitu produk (X1), harga (X2) dan kemasan (X3). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel produk, harga dan kemasan terhadap keputusan pembelian beras analog UD Wijaya Food. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS) dengan jumlah responden sebanyak 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen dapat dimodelkan dengan persamaan Y = 0,322 X1 + 0,320 X2 + 0,193 X3.. Berdasarkan analisis PLS, pada variabel produk yang menjadi prioritas adalah indikator manfaat kesehatan (X15), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah aroma (X13). Pada variabel harga, yang menjadi prioritas adalah indikator harga terjangkau (X22), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah ketersediaan potongan (X23). Pada variabel kemasan, yang menjadi prioritas adalah indikator desain kemasan (X33), sedangkan indikator yang perlu ditingkatkan adalah variasi ukuran kemasan (X31). Diketahui pula semua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian

English Abstract

Consumer preference is a matter of the most consumer preferred or priority to a product. Consumer preferences provide an overview of consumer desire for a product, so that can be used as a reference take a strategic step in marketing. In research there are 3 variable subjects that is the product (X1) , prices (X2) and packaging (X3). The purposes of this research is analyze variable influence products , price and packaging of the purchasing decisions analog rice UD Food Wijaya. This research uses the Partial Least Square (PLS) analysis with the number of respondents as many as 69 people. Results showed that consumer preferences can be modeled by the equation Y = 0,322 X1 + 0,320 X2 + 0,193 X3. Based on the PLS analysis, on the product variables the priority is health benefits (X15) , while indicators that needs to be improved is the aroma (X13). On the price variables the priority is price affordability (X22), while indicators that needs to be improved is the discount availability (X23). On the packaging variables the priority is the packaging design (x33), while indicators that needs to be improved is the Variation of measure packaging (X31). All the variables influential significantly to purchase decision.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/371/ 051607366
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Sep 2016 14:55
Last Modified: 09 Jun 2022 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150931
[thumbnail of A5_FULL.pdf] Text
A5_FULL.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item