Kebab Gudeg : Inovasi Kebab Nasi Khas Yogyakarta Menjadi Modern, Unik, Praktis dan Cepat Saji Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Bangsa

Ilvani, Hudaibiyah Daulika (2016) Kebab Gudeg : Inovasi Kebab Nasi Khas Yogyakarta Menjadi Modern, Unik, Praktis dan Cepat Saji Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Bangsa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pangan merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Seiring berkembangnya zaman, pola makan manusia semakin berubah yang membutuhkan makanan yang dikemas secara modern, praktis dan cepat saji. Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang banyak digemari masyarakat. Mempertimbangkan peluang bisnis di dunia kuliner, maka diciptakan sebuah bisnis dengan produk Kebab Gudeg yang merupakan kombinasi nasi dengan gudeg. Tujuan program wirausaha ini adalah menginovasi makanan khas daerah menjadi fast food serta melestarikan kuliner bangsa yang profitable melalui sistem franchies dan kemitraan. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pemantapan riset pasar dan formulasi produk, perancangan strategi pemasaran, sertifikasi produk, analisis pangan, penjualan. Hasil yang didapatkan adalah terbentuknya bisnis di bidang Kuliner berupa Kebab Gudeg yang dapat melestarikan kuliner bangsa. Bisnis ini telah memiliki dua outlet, dua pegawai, dan menghasilkan omset sebesar Rp 9.618.000 dalam lima bulan penjualan. Kebab Gudeg telah mendaftarkan hak paten merk melalui LPPM Universitas Brawijaya. Dari analisis pangan yang telah dilakukan, Kebab Gudeg mengandung 5.37% protein, 4.91% lemak, 55,04% air, 1,82% abu, dan 32,86% karbohidrat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/37/051602915
Uncontrolled Keywords: Food is one of the three basic human needs. As the development of the times, the human diet is more change requiring that packaged foods in a modern, practical practicality and fast fastness. Gudeg is one of the specialties of Yogyakarta much-loved community. Considering the business opportunities in the culinary world, created a business with a product that is a combination Kebab Gudeg with warm rice. The purpose of this entrepreneurship program is innovating regional specialties become fast food and preserving the national culinary profit through franchies systems and partnerships. In this research including the preparation, stabilization of marketing research and product formulation, designing marketing strategies, product certification, food analysis, [and] sales. The results obtained are the establishment of business in the [culinary field of Kebab Gudeg that can preserve the culinary nation. The business already has two outlets, two employees and generates a turnover of USD 9.618 million in five-month sales. Kebab Gudeg has registered the patent for the brand through LPPM UB. Food analysis has been done, Kebab Gudeg containing 5:37% protein, 4.91% fat, 55.04% water, 1.82% ash, and 32.86% carbohydrates.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Apr 2016 11:16
Last Modified: 02 Dec 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150929
[thumbnail of 2_LEMBAR_PERSETUJUAN_dll.pdf]
Preview
Text
2_LEMBAR_PERSETUJUAN_dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
4_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_ABSTRAK_dst.pdf]
Preview
Text
3_ABSTRAK_dst.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_HUDAIBIYAH_DAULIKA_ILVANI_125100107111046.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_HUDAIBIYAH_DAULIKA_ILVANI_125100107111046.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1_SAMPUL.pdf]
Preview
Text
1_SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item