Analisis Efektivitas Iklan Televisi Indomie Rasa Soto versi “Jagonya Soto” dengan Model EPIC

Wihardanto, MuhammadIdham (2016) Analisis Efektivitas Iklan Televisi Indomie Rasa Soto versi “Jagonya Soto” dengan Model EPIC. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media televisi memiliki unsur visual dan audio sekaligus dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mencapai tujuan mereka. Iklan yang merupakan bauran promosi akan berpengaruh bagi penonton bila pesan disampaikan dengan baik. Iklan yang disampaikan dengan baik akan berdampak terhadap penjualan produk. Data yang dikeluarkan oleh Advertising Information Services Nielsen bahwa pada kuartal pertama 2014 kategori yang mengalami pertumbuhan belanja iklan terbesar adalah Pembersih dan Perawat Pakaian/Kain yang tumbuh sebesar 72% disusul oleh Mie/Makanan Instan dengan pertumbuhan sebesar 66%. Indomie dalam mempromosikan iklan di televisi menayangkan dengan alur cerita para pecinta Indomie dalam menikmati makanannya. Pada iklan Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto memperlihatkan aktivitas bintang iklan menikmati mie kesukaanya. Iklan ini menunjukan keunggulan produk berupa varian rasa sebagai keunggulan produk. Indomie tampak menampilkan iklan di televisi dengan menyuguhkan unsur cerita (storytelling) tentang bagaimana para pencinta Indomie mencari dan menikmati mie kesukaannya ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas iklan Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto dan untuk mengetahui dimensi mana yang menjadi prioritas utama dalam menilai keefektivitasan iklan. Analisis efektivtas iklan televisi Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto dipilih penulis untuk diukur dengan model EPIC. Metode EPIC digunakan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas iklan televisi Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto vi di Kota Malang yang tersebar pada 5 kecamatan dengan sampel sebanyak 100 orang. Efektivitas iklan pada penelitian ini menggunakan model EPIC. Model EPIC terdiri dari 4 dimensi, yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communications. EPIC model dikembangkan oleh AC Nielson, yaitu perusahaan peniliti pemasaran dunia yang kini tersebar di 100 Negara dengan kantor pusat di Amerika dan Belanda. Keempat titik kritis tersebut menjadi aspek pertanyaan yang akan diajukan kepada responden dan kemudian data responden akan dihitung skor rata-ratanya. Hasil perhitungan tersebut akan dimasukan berdasarkan skala peringkat. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil pengukuran tingkat efektivitas iklan Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto menunjukkan hasil yang baik. Terbukti bahwa nilai tingkat efektivitas iklan ini bernilai 3,438 dengan skala rentang nilai 3,429-4,285, maka dapat dikatakan bahwa iklan ini telah berjalan efektif. Prioritas utama pada iklan ini diketahui bahwa dimensi Empathy memiliki nilai yang terendah sebesar 3,295. Dimensi Empathy masuk dalam skala rentang cukup efektif dengan nilai antara 2,572-3,428. Perusahaan disarankan untuk memperbaiki dimensi Empathy agar iklan lebih mudah diingat dan disukai. Iklan yang mudah diingat dan disukai berhungungan dengan psikologi seseorang sehingga perusahaan disarankan menampilkan suatu kreativitas yang berkesan berupa skenario/adegan, jingle maupun tema iklan.

English Abstract

Television (TV) has visual and audio aspect that used by the entrepreneurs to achieve their goals. Good delivery of mixture promotion advertisement could bring some positive impacts to the audience, and the product selling as well. According to the data of Nielsen Advertising Information Services, for the first quarter in 2014, the largest growing category of shopping advertisement went to Cloth / Fabric Cleaner and Maintaining that grew by 72% then followed by Instant Food / Product which has increased until 66%. Indomie itself, in promoting brand through the TV, made a big success by showing some pleasure short stories of its lovers. They were even using the popular stars at the time, special for the commercial of Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto. That advertisement shows the audience about the various flavors as their excellence product. Also in some cases, Indomie attempts to show us about how to get and enjoy the stars favorite noodles by delivering a storytelling. Therefore, this research aims to analyze the advertisement effectiveness level of Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto and discover what kind of dimension that may be the main point in assessing advertisement effectiveness. Advertisement effectiveness of Indomie Rasa Soto versi Jagonya Soto TV commercial chosen by author then to be measured by EPIC Model. This method was used to know how big the effectiveness of Indomie Rasa Soto “Jagonya Soto” viii version TV advertisement in Malang that spread in 5 sub-districts with 100 people as its samples. The EPIC itself consists of 4 dimensions, that is Empathy, Persuasion, Impact and Communication. EPIC first was developed by AC Nielsen which known as one of world marketing research firm that been spread in 100 countries with its headquarters in United States and Netherland. The four aspects of EPIC crisis spots will be submitted in the questions for respondents and the data of average score will be counted afterwards. The calculation of its result will be listed based on ranking scale. According to this research, discovered that the result of the advertisement effectiveness measurement of Indomie Rasa Soto “Jagonya Soto” version was very good. The score of effectiveness reached 3,438 by means of range scale 3,429 - 4,285. Therefore, it can be said that the commercial strategy was effective. In this advertisement, Empathy has the lowest score that is at the number 3,295 by means of effective range scale 2,572 - 3,428. In consequence, the company is suggested to fix particularly in Empathy aspect, so the branding will be much easier to remembered by the audience. The easier TV commercial be remembered, then the more attached to someones psychics. So that the owner of the brand is suggested to show the more creative one such as memorable scene, jingle, or firstly the advertisement theme itself.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/310/ 051606751
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:37
Last Modified: 14 Jun 2022 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150863
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item