Pengembangan Strategi Pemasaran Pada Madu Wanajava (Perum Perhutani Divisi Bisnis Wisata Dan Agribisnis Kbm I Jawa Tengah)

Putra, Aditya Oriza AEka (2016) Pengembangan Strategi Pemasaran Pada Madu Wanajava (Perum Perhutani Divisi Bisnis Wisata Dan Agribisnis Kbm I Jawa Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki areal daratan seluas 193 juta hektar, dengan luas lahan tanaman berbunga dan pertanian mencapai143 juta hektar. Indonesia memiliki daerah perlebahan yang cukup luas yaitu sekitar 29.359.235 ha yang menyebar di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, JawaTimur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode SWOT dan metode AHP. Metode SWOT ini didasarkan pada asumsi bahwa suatu yang efektif akan memaksimalkan kekuatan dan peluang dan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Selanjutnya metode AHP digunakan dalam proses pengembangan strategi dan pemilihan strategi. Dalam pengembangan pemasaran Unit Usaha Madu Wanajava ini terdapat tujuh alternatif strategi yang direkomendasikan, antara lain: meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk, bekerja sama dengan toko oleh-oleh, pengelolaan web secara kontinyu, membuat fokus pasar dan prioritas wilayah pemasaran, mengunakan sistem outsourcing, melakukan riset mengenai konsumen, dan mengintensifkan kegiatan promosi di pasar.

English Abstract

Indonesia is a country that has a land area covering an area of 193 million hectares, with an area of agricultural land and the flowering plants reached 143 million hektar. Indonesia have fairly extensive beekeeping area is about 29,359,235 hectares spread in North Sumatra, Riau, West Sumatra, Lampung, West Java, Central Java, Yogyakarta, East Java, Bali, West Nusa Tenggara, East Nusa Tenggara, South Sulawesi, Central Sulawesi and Southeast Sulawesi. The method used in this research is SWOT and AHP. SWOT method is based on the assumption that an effective will maximize the strengths and minimize the weaknesses and the opportunities and threats. Furthermore, the AHP method is used in the process of strategy development and strategy selection. In the development of marketing of the Business Unit Honey Wanajava there are seven alternative strategies recommended, among other things: increase and maintain the quality of products, in collaboration with a souvenir shop, web management continuously, making the market focus and priority marketing areas, using outsourcing system, do research on consumers, and intensified promotional activities in the market.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/295/ 051606736
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2016 15:55
Last Modified: 09 Jun 2022 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150844
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item