Analisis Pengaruh Pemberian Jaminan Sosial, Budaya Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Pt. Inti Luhur Fuja Abadi, Pasuruan)

Wijayanti, Mala (2016) Analisis Pengaruh Pemberian Jaminan Sosial, Budaya Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Pt. Inti Luhur Fuja Abadi, Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan dari suatu perusahaan tidak terlepas ketepatan pengelolaan sumber daya manusianya. Bagi perusahaan, kesejahteraan karyawan merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Perhatian perusahaan dalam mensejahterakan karyawannya dapat dilakukan dengan memberikan kompensasi sebagai hasil penghargaan dari kinerja serta sebagai alat untuk memotivasi karyawan. Budaya kerja yang tidak kondusif dapat mengakibatkan karyawan tidak termotivasi dalam menjalankan tugasnya, sehingga untuk meningkatkan kinerja karyawannya dapat dilakukan dengan cara menjamin kesejahteraan mereka melalui adanya jaminan sosial yang diberikan berdasarkan budaya kerja kerja dengan tetap memperhatikan faktor lain diluar pekerjaan yang dapat memicu stres kerja dan dapat mempengaruhi kinerja mereka. PT. Inti Luhur Fuja Abadi (PT. ILUFA) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembekuan ikan. Perusahaan ini sudah mampu menjamin kesejahteraan karyawannya melalui pemberian jaminan sosial. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jaminan sosial berdasarkan budaya kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan tetap memperhatikan stres kerja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara tidak langsung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pemodelan struktural berbasis varians dengan piranti pengolahan data Generalized Structural Component Analysis (GeSCA). Responden dari penelitian ini adalah karyawan yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS yang berjumlah 80 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari variabel jaminan sosial, budaya kerja, kinerja karyawan dan stres kerja sebagai variabel mediasi. Hasil dari penelitian menunjukkan jaminan sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap stres kerja dan positif signifikan terhadap kinerja karyawan, budaya kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap stres kerja dan positif signifikan terhadap kinerja karyawan. sedangkan stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel stres kerja bukan merupakan variabel mediasi hubungan antara budaya kerja dan kinerja karyawan tetapi merupakan variabel mediasi sebagian hubungan antara budaya kerja dan kinerja karyawan.

English Abstract

The purpose of this research is to find out the effect of social assurance based work culture to improve employee performance with regard focused on job stress which can be indirectly to employee performance in PT. Inti Luhur Fuja Abadi Pasuruan. This research was conducted using a based variance of structural modelling with data processing devices Generalized Structural Component Analysis (GeSCA). Respondents from this research are employees who have registered as BPJS participants which total for 80 respondents. Variables used in this research is social assurance, work culture, employee performance and job stress as a mediating variable. The results of the research showed that social assurance is not significant negative effect on job stress and significantly positive on the performance of employees, work culture significant negative effect on job stress and significantly positive on employee performance. Meanwhile, job stress is significantly negative influence on employee performance. Job stress variable is not relation mediating on work culture and employee performance but a relation partial mediating variable on work culture and employee performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/269/ 051605873
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Sep 2016 14:42
Last Modified: 10 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150815
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item