Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A-Mild Di Malang Dengan Metode Pls (Partial Least Square)

Purnamasari, Ainayah Jelita (2016) Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A-Mild Di Malang Dengan Metode Pls (Partial Least Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran yang besar peranannya. Promosi merupakan kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Promosi juga dikatakan sebagai proses berlanjuti karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan perusahaan yang selanjutnya. Karena itu promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi agar melakukan pertukaran dalam pemasaran. Bauran promosi terdiri dari periklanan (X1), penjualan pribadi (X2), promosi penjualan (X3), dan hubungan masyarakat (X4). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruuh bauran promosi terhadap proses keputusan pembelian rokok Sampoerna A-Mild, dan untuk mengetahui variabel dalam bauran promosi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A-Mild. Pemilihan rokok merek Sampoerna A-Mild sebagai objek penelitian dikarenakan Sampoerna A-Mild merupakan penguasa pangsa rokok mild di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) sebagai model pengujian sebab-akibat dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi dapat dimodelkan dengan persamaan Y = -0,008X1 + 0,539X2 + -0,077X3 + 0,158X4. Diketahui bahwa variabel periklanan (X1) dan variabel promosi penjualan (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel penjualan pribadi (X2) merupakan variabel paling dominan yang memengaruhi keputusan pembelian rokok Sampoerna A-mild.

English Abstract

Promotion mix is part of marketing that has a big role. Promotion mix is the activitiy that actively carried out by the companies to encourage the costumers to buy the offered products. Promotion mix is also named as a continuous process because it causes a series of further activities of the company. Promotion mix seen as the flow of information or persuasion in one direction that are made to lead a person or organization to make an exchange in marketing. Promotion mix consists of advertising (X1), a personal selling (X2), sales promotion (X3), and public relations (X4). The purpose of this research is to determine the effects of promotional mix towards the purchase decision process of Sampoerna A Mild cigarette, and to know the variables in the promotion mix that has a significant influence on the purchase decision process product Sampoerna A Mild cigarette. The reason why the researcher choosed Sampoerna A Mild cigarettes as the research object is because Sampoerna A Mild takeover the mild cigarettes market in Indonesia. The method used in this study is PLS (Partial Least Square) as testing model causality with the number of respondents 100 people. The results of this study indicate that the promotion mix can be modeled by the equation Y = -0,008X1 + 0,539X2 - 0,092X3 + 0,158X4. It is known that advertising variable (X1), variable sales promotion (X3), and variable public relation had no significant effect on purchase decisions (Y). Personal selling variable (X2) is the most dominant variable that influences the purchase decision of Sampoerna A Mild cigarettes.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/268/ 051605872
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:06
Last Modified: 10 Jun 2022 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150814
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item