Rancang Bangun Sistem Pencahayaan Otomatis Menggunakan Timer Rtc Ds1307 Berbasis Mikrokontroler Atmega16 Pada Budidaya Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dalam Plant Factory

Angraeni, Kinanti Saraswati (2016) Rancang Bangun Sistem Pencahayaan Otomatis Menggunakan Timer Rtc Ds1307 Berbasis Mikrokontroler Atmega16 Pada Budidaya Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dalam Plant Factory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, faktor pertumbuhan yang digunakan adalah faktor cahaya. Dimana pada cahaya sendiri menggunakan pencahayan Lampu LED (Light Emitting Diode) dengan sistem terkendali pada Plant Factory . Penelitian ini menggunakan objek penelitian berupa tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang dan membuat sistem pencahayaan otomatis dengan timer RTC DS1307 menggunakan mikrokontroler Atmega16 untuk mengendalikan pencahayaan pada plant factory dan mengamati pertumbuhan tanaman pada sistem hidroponik dengan pencahayaan otomatis dan berikutnya untuk mengetahui hasil dari intensitas cahaya yang digunakan anatar cahaya LED merah dan biru dengan pencahayaan matahari yang akan digunakan sebagai variable kontrol dalam pengamatan. Parameter yang diuji meliputi jumlah daun yang dilakukan pada daun yang telah membuka sempurna selama 21 hari, tinggi tanaman di ukur dari permukaan styrofoam hingga ujung daun tertinggi menggunakan jangka sorong selama 21 hari, panjang akar diukur pada waktu pemanenan. Pencahayaan dilakukan secara otomatis dengan sistem on dan off. Secara keseluruhan sistem pencahayaan otomatis menggunakan timer RTC DS1307 dengan mikrokon16 troler atmegapada budidaya pakcoy dapat tersambung dan terkoordinasi dengan baik. Pada pengamatan pertumbuhan tanaman pakcoy yang dilakukan selama 21 hari didalam plant factory menggunakan cahaya LED dengan kombinasi merah dan biru menunjukkan bahwa hasil perlakuan yang terbaik (jumlah daun pakcoy terbanyak) adalah pada intensitas cahaya ii 1250 lux lama penyinaran 16 jam tanaman tumbuh dengan optimum, yang menunjukkan hasil sama dengan perlakuan kontrol (sinar matahari).

English Abstract

In this research, the growing factors uses LED (Light Emitting Diode) light With of complete controlled system in plant factory. This research uses pakcoy plant (Brassica rapa L.) as the object. The purpose of this research to stake out and make an automatic illumination system with RTC (Real Time Clock). Timer uses Atmega16 microcontroller to manage the illumination in plant factory and absorve the growth in hydroponic system with automatics illumination. And then to know about the result of light intensity which is used between red and blue light with sun illumination that will be used as control variabel in the observation. The parameter which is tested includes the number of complete opened leafs during 21 days, the height of the plant which is measured start form Styrofoam until the top of highestleaf uses Vernir Capiler during 21 days and the length of the root which is measured when harvest time. The illuminations of done automatically with on and off system. All of the automatically system uses RTC DS1307. Timer with microcontroller in pakcoy cultivation can be connected and coordinated well. In the observation of the growth of pakchoy plant wihich is done during 21 days in plant factory used LED (Light Emitting Diode) light with red and blue combination shows that the result of best treatment (pakcoy which has a lot of leats) is in the 1250 lux light intensity in 16 hours illumination, the plant grows optimally that shows the same result with control treatment (Sun Light).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/264/ 051605868
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Sep 2016 13:56
Last Modified: 10 Jun 2022 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150809
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item