Pembuatan Formulasi Serbuk Minuman Instan Herbal Simplisia Daun Paku Cakar Ayam (Selaginella Doederleinii) Sebagai Minuman Anti Inflamasi Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Jantan Yang Diinduksi Kar

Afitri, Fhiola (2016) Pembuatan Formulasi Serbuk Minuman Instan Herbal Simplisia Daun Paku Cakar Ayam (Selaginella Doederleinii) Sebagai Minuman Anti Inflamasi Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Jantan Yang Diinduksi Kar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan adalah salah satu aspek yang sangat penting dan perlu diperhatikan di Indonesia. Pada saat ini di Indonesia muncul berbagai macam penyakit yang cukup membahayakan bagi masyarakatnya, salah satunya adalah kanker. Kanker merupakan penyakit yang menyerang sistem kerja organ atau jaringan tubuh sehingga organ mengalami gangguan fungsional. Kanker menunjukan adanya proses inflamasi kronis yang terjadi selama berbulan-bulan. Prevalensi penderita kanker di Indonesia saat ini mencapai 4,3 banding 1000 orang pada tahun 2012. Hal ini meningkat dari tahun 2011 dengan prevalensi 1 banding 1000. Penyebabnya adalah pada masalah pengobatan. Tingginya jumlah penderita kanker atau tumor ini menunjukkan sangat diperlukannya pengobatan yang aman untuk bisa mengatasi masalah ini. Namun, pengobatan jenis AINS pada jangka waktu lama dapat menyebabkan adanya gangguan fungsi hati dan ginjal. Sehingga perlu dikembangkan obat antiinflamasi yang bersifat herbal atau steroid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi minuman instan herbal ekstrak paku cakar ayam yang terbaik dan mengetahui pengaruh pemberian minuman instan herbal dari ekstrak paku cakar ayam dalam menghambat aktivitas inflamasi dibandingkan kontrol obat natrium diklofenak. Metode penelitian yang digunakan adalah Nested Design dengan dibagi menjadi 4 kelompok tikus yaitu kontrol negatif, kontrol positif, kontrol obat, dan formulasi terbaik minuman instan herbal. Data hasil penelitian akan dianalisis secara statistik menggunakan analisis ragam (ANOVA) selang kepercayaan α=5% yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perlakuan yang diberikan. Jika hasil uji memperlihatkan adanya perbedaan nyata, maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dan/atau Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian didapatkan formulasi terbaik minuman instan herbal paku cakar ayam terdapat formulasi 2 (80 ml filtrat paku cakar ayam, 30 ml filtrat stevia, 17,5 ml filtrat kayu manis, 2 ml sari jahe dan 3 ml filtrat cengkeh). Pada formulasi terbaik didapatkan kandungan flavonoid sebesar 67,18 mg/g, kandungan fenol sebesar 41,8 mg/g, kandungan kadar air sebesar 5,09 % dan kandungan kadar abu sebesar 73,04%. Sedangkan uji in vivo menunjukkan bahwa pemberian formulasi terbaik minuman instan herbal paku cakar ayam mampu menghambat aktivitas inflamasi pada tikus yang yang diinduksi karagenan 2% sebanyak 0,4mL. Pemberian formulasi terbaik minuman instan herbal paku cakar ayam memiliki penghambatan inhibisi edema terbaik dibandingkan kontrol obat natrium diklofenak. Pada pengujian CD68, pada formulasi minuman instan herbal menunjukkan perbedaan yang nyata antar perlakuan, begitu juga pada pengujian kadar TNF-α menunjukkkan perbedaan yang nyata antar perlakuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/219/051605170
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Jun 2016 11:04
Last Modified: 16 Nov 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150759
[thumbnail of 7._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
6._Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._V._PENUTUP.pdf]
Preview
Text
11._V._PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_I,_II,_III.pdf]
Preview
Text
9._BAB_I,_II,_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB._IV_HASIL.pdf]
Preview
Text
10._BAB._IV_HASIL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._DAFTAR_PUSTAKA_&_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12._DAFTAR_PUSTAKA_&_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1._Halaman_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
1._Halaman_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._PERNYATAAN_KEASLIAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
4._PERNYATAAN_KEASLIAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
5._RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item