Perencanaan Strategi Pemasaran Sayur Organik “ViO” Dengan Metode SWOT dan ANP (Studi Kasus di Kelompok Tani Vigur Organik, Malang)

Fitryana, Alifa (2016) Perencanaan Strategi Pemasaran Sayur Organik “ViO” Dengan Metode SWOT dan ANP (Studi Kasus di Kelompok Tani Vigur Organik, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian organik termasuk dalam sistem produksi dalam hal bercocok tanam yang tidak menggunakan bahan kimia dalam proses penanamannya melainkan menggunakan bahan organik. Kondisi persaingan produk sayur organik semakin ketat khususnya di daerah Malang, menuntut produsen sayur organik yaitu Vigur Organik untuk dapat bersaing dengan para produsen lain dalam hal memenuhi permintaan produk ke konsumen. Permasalahan yang dihadapi yaitu sayuran organik yang diproduksi hanya bisa memenuhi permintaan dan kegiatan pemasaran hanya dilakukan di Kota Malang saja. Tujuan penelitian adalah untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT dan menentukan prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat yang dapat diterapkan pada Vigur Organik menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan alternatif strategi pemasaran meliputi faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan perusahaan serta faktor ekternal meliputi peluang dan ancaman perusahaan. Metode ANP digunakan dalam mempresentasikan tingkat kepentingan kriteria dengan mempertimbangan saling keterkaitan antara kriteria strategi yang satu dengan yang lain serta menentukan prioritas alternatif strategi yang telah didapat diolah menggunakan bantuan software Super Decision. Penelitian dilakukan di Vigur Organik pada bulan Januari-Maret 2016. Data yang diperoleh pada analisis SWOT adalah hasil pengisian kuesioner pembobotan dan rating faktor internal-eksternal. Pada ANP digunakan kuesioner hubungan saling ketergantungan dan kuesioner perbandingan berpasangan untuk mendapatkan prioritas alternatif strategi pemasaran yang vii akan dipilih. Kuesioner diisi oleh responden pakar yang terdiri dari 5 orang yaitu ketua Vigur Organik, wakil ketua, bendahara, sekertaris dan ICS. Berdasarkan hasil penelitian didapat 8 alternatif strategi pemasaran sayur organik. Alternatif strategi yang memiliki prioritas tertinggi hingga terendah berdasarkan metode ANP adalah strategi menjalin kerja sama dengan kelompok tani binaan (ST1) dengan bobot sebesar 0,1960, Mengoptimalkan dan meningkatkan volume produksi (WO1) dengan bobot 0,1733, Meningkatkan dan memperluas pangsa pasar (SO1) dengan bobot 0,1430, Mengembangkan produk sayur organik dengan menciptakan produk olahan sayur organik (SO2) dengan bobot 0,1172, Mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan distributor maupun organisasi untuk melakukan pengembangan (ST2) dengan bobot 0,1088, Memperluas lahan pembudidayaan sayur organik (WT1) dengan bobot 0,1076, Penyediaan pusat pemasaran terpadu untuk produk sayur organik (WT2) dengan bobot 0,0832, dan mengoptimalkan teknologi untuk fungsi pelayanan dalam transportasi maupun informasi (WO2) sebesar 0,0706.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/208/051605159
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:02
Last Modified: 16 Nov 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150747
[thumbnail of lembar_persetujuan.pdf] Text
lembar_persetujuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of cover_dkk_A5.pdf] Text
cover_dkk_A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-A5.pdf] Text
SKRIPSI-A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item