Prasetyo, Rifqi (2016) Studi Komparasi Atribut Sensori Rendang Dan Ekspektasi Kepuasan Konsumen Terhadap Mie Instan Rasa Rendang Dengan Metode Rate-All-That-Apply (Rata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mie instan merupakan makanan cepat saji yang semakin tinggi tingkat konsumsinya di Indonesia. Semakin meningkatnya konsumsi mie instan ini diikuti dengan munculnya varian-varian rasa dari mie instan tersebut sebagai upaya pemenuhan keinginan masyarakat, salah satunya adalah rasa rendang yang merupakan varian rasa khas Indonesia. Mie dengan rasa rendang ini selain merepresentasikan rasa rendang khas Indonesia juga dapat semakin mengenalkan rendang kepada masyarakat luas. Hal ini berkaitan dengan sensori produk mie instan karena rendang merupakan makanan dengan campuran rempah yang sangat beragam. Oleh sebab itu dilakukan upaya evaluasi sensori untuk memprofilkan atribut mie instan rasa rendang dengan daging rendang olahan. Profiling bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen dalam menentukan karakteristik suatu produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan sensori metode RATA (Rate-All-That-Apply) yang merupakan metode kuantitatif yang bersifat obyektif dimana panelis diminta untuk memilih intensitas atribut yang dianggap ada pada produk yang mereka konsumsi. Pada penelitian RATA ini menggunakan intensitas dengan 3-point scale yaitu intensitas rendah, agak tinggi, dan tinggi. Selain itu panelis juga diminta untuk menentukan kepuasan mereka terhadap produk mie instan rendang untuk mengetahui kesesuaian produk dengan produk rendang olahan. Dari hasil profiling mie instan rasa rendang dan dua produk rendang olahan dengan metode RATA (Rate-All-That-Apply) didapatkan 22 atribut yang terdapat pada sampel dimana 18 atribut dinyatakan berbeda nyata (P-value <0,05). 18 atribut tersebut adalah aroma santan, aroma daging, aroma karamel, aroma asam, aroma rempah, rasa umami, rasa asin, rasa manis, flavor santan, flavor rempah, mouthfeel pedas, mouthfeel empuk, mouthfeel berlemak, aftertaste umami, aftertaste asin, aftertaste pedas, aftertaste berminyak, dan aftertaste berlemak. Dari 18 atribut yang berbeda nyata terdapat sembilan atribut yang berbeda antara mie instan dan rendang olahan yaitu Analisa PCA menunjukkan bahwa 95,9% data RATA dipengaruhi oleh persepsi panelis dan tidak dipengaruhi oleh jenis sampel, umur, maupun asal tempat tinggal. Tingkat kepuasan produk mie instan rasa rendang tertinggi dimiliki oleh atribut aroma. Secara kesuluruhan produk mie instan rasa rendang mendapatkan tingkat kepuasan yang cukup.
English Abstract
Instant noodles is one of fast food that has a high level consumption in Indonesia. The increasing consumption of instant noodles was followed by the emergence of variants flavors of instant noodles as an effort to fulfill the people’s demand, for example is rendang flavored instant noodles which has a typical Indonesian rendang flavors. Noodles with rendang flavor hopefully can representing the flavors of typical Indonesian rendang. This flavor relates to sensory attributes of rendang flavored instant noodle because rendang is a food with a complex spices. Therefore, need some efforts to profile the sensory attributes of rendang flavored instant noodles and processed rendang. This profiling aims to determine consumer perceptions in describing the characteristics of a product. The method of this research is RATA (Rate-All-That-Apply) which is an objective quantitative method whereas the panelists were asked to choose the intensity of the attributes considered to exist in the products. This RATA method using the 3- point intensity scale with low intensity, rather high, and high. Panelists were also asked to determine their satisfaction level of rendang flavored instant noodle to determine the conformity of products with rendang processed products. The results of rendang flavored instant noodles profiling and processed rendang using RATA method obtained 22 attributes perceived from the sample which are 18 attributes are significantly different (P-value <0.05). These attributes are the aroma of coconut milk, the aroma of beef, the aroma of caramel, acidic aroma, aroma of spices, the taste of umami, saltiness, sweetness, coconut milk flavor, spices flavor, spicy mouthfeel, tenderness, fatty mouthfeel, umami’s aftertaste, salty aftertaste, spicy aftertaste, oily aftertaste, and fatty aftertaste. PCA analysis showed that 95.9% of the data obtained influenced by the panelists perceptions and not influenced by gender, age, and the ethnic. The satisfaction levels of instant noodle shows that the aroma has the highest level of satisfaction levels
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/17/051602895 |
Uncontrolled Keywords: | Atribut Sensori, Rendang, Mie instan, RATA,-Sensory Attributes, Rendang, Instant Noodles, RATA |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 09:10 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 04:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150702 |
Text
FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |