Bijaksono, Gifi Bagus (2016) Strategi Pengembangan Produk Keripik Nangka Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada UKM Arjuna 999 Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu perusahaan yang mengolah buah nangka menjadi keripik nangka adalah UKM Arjuna 999 Kota Batu. Industri keripik buah di Kota Batu, khususnya keripik nangka saling bersaing dalam penjualan. Dalam menghadapi persaingan pada bisnis produk kripik nangka di kota Batu perlu adanya strategi pengembangan keripik nangka di UKM Arjuna 999. Strategi pengembangan dapat dilakukan dengan mengetahui analsis Product Life Cycle (PLC), analisis SWOT dan metode QSPM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Product Life Cycle (PLC) keripik nangka di UKM Arjuna 999 Batu dan menentukan strategi dalam pengembangan produk keripik nangka di UKM Arjuna 999 Kota Batu. Metode Product Life Cycle (PLC) digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tahapan siklus hidup produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman UKM Arjuna 999 Kota Batu. Berdasarakan analisis Product Life Cycle (PLC) dan Analisis SWOT, QSPM kemudian digunakan untuk mencari strategi alternatif dengan nilai total attractive score (TAS) yang terbesar. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik UKM Arjuna 999, kepala produksi dan karyawan. Hasil analisis Product Life Cycle (PLC) menunjukkan bahwa siklus hidup produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu berada pada tahap pertumbuhan. Strategi pengembangan xvi produk pada tahap ini adalah perusahaan meningkatkan kualitas produk serta menambahkan keistimewaan produk baru dan gaya yang lebih baik (ST1), Perusahaan menambahkan model-model baru dan produk-produk penyerta (ST2), perusahaan memasuki segmen pasar baru (ST3), perusahaan meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi baru (ST4), perusahaan beralih dari iklan yang membuat orang menyadari produk (product-awarenes advertising) ke iklan yang membuat orang memilih produk (product-preference advertising) (ST5), Perusahaan menurunkan harga untuk menarik pembeli (ST6). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa terdapat tujuh strategi dalam pengembangan produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu, yaitu memperbesar outlet (ST7), melakukan promosi melalui media cetak atau online (ST8), mengadakan pelatihan bagi para karyawan dengan bantuan para profesional di bidangnya (ST9), mengembangkan inovasi produk sesuai gaya hidup masyarakat saat ini yang kemudian dipromosikan dengan media online secara efektif (ST10), melakukan pengendalian persediaan terhadap bahan baku (ST11), mendesain sisi luar toko dengan atribut UKM Arjuna 999 (ST12), meningkatkan standar operasional prosedur pada kinerja karyawan (ST13). Hasil dari analisis QSPM menunjukkan bahwa prioritas strategi pengembangan produk keripik nangka di UKM Arjuna 999 adalah mengembangkan inovasi produk sesuai gaya hidup masyarakat saat ini yang kemudian dipromosikan dengan media online secara efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/139/051603020 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 13 Apr 2016 11:13 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 01:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150669 |
![]() |
Text
02_Halaman_Judul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
01_Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
05_RIWAYAT_HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
04_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
06_LEMBAR_PERUNTUKAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
03_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
07_PERNYATAAN_KEASLIAN_TUGAS_AKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
08_SUMMARY_dan_RINGKASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
09_KATA_PENGANTAR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
10_DAFTAR_ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
11_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
12_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
13_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
15_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
14_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
16_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |