Strategi Pengembangan Produk Keripik Nangka Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada UKM Arjuna 999 Kota Batu

Bijaksono, Gifi Bagus (2016) Strategi Pengembangan Produk Keripik Nangka Berdasarkan Analisis Product Life Cycle (PLC) dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) pada UKM Arjuna 999 Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu perusahaan yang mengolah buah nangka menjadi keripik nangka adalah UKM Arjuna 999 Kota Batu. Industri keripik buah di Kota Batu, khususnya keripik nangka saling bersaing dalam penjualan. Dalam menghadapi persaingan pada bisnis produk kripik nangka di kota Batu perlu adanya strategi pengembangan keripik nangka di UKM Arjuna 999. Strategi pengembangan dapat dilakukan dengan mengetahui analsis Product Life Cycle (PLC), analisis SWOT dan metode QSPM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Product Life Cycle (PLC) keripik nangka di UKM Arjuna 999 Batu dan menentukan strategi dalam pengembangan produk keripik nangka di UKM Arjuna 999 Kota Batu. Metode Product Life Cycle (PLC) digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui tahapan siklus hidup produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman UKM Arjuna 999 Kota Batu. Berdasarakan analisis Product Life Cycle (PLC) dan Analisis SWOT, QSPM kemudian digunakan untuk mencari strategi alternatif dengan nilai total attractive score (TAS) yang terbesar. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik UKM Arjuna 999, kepala produksi dan karyawan. Hasil analisis Product Life Cycle (PLC) menunjukkan bahwa siklus hidup produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu berada pada tahap pertumbuhan. Strategi pengembangan xvi produk pada tahap ini adalah perusahaan meningkatkan kualitas produk serta menambahkan keistimewaan produk baru dan gaya yang lebih baik (ST1), Perusahaan menambahkan model-model baru dan produk-produk penyerta (ST2), perusahaan memasuki segmen pasar baru (ST3), perusahaan meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi baru (ST4), perusahaan beralih dari iklan yang membuat orang menyadari produk (product-awarenes advertising) ke iklan yang membuat orang memilih produk (product-preference advertising) (ST5), Perusahaan menurunkan harga untuk menarik pembeli (ST6). Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa terdapat tujuh strategi dalam pengembangan produk keripik nangka UKM Arjuna 999 Kota Batu, yaitu memperbesar outlet (ST7), melakukan promosi melalui media cetak atau online (ST8), mengadakan pelatihan bagi para karyawan dengan bantuan para profesional di bidangnya (ST9), mengembangkan inovasi produk sesuai gaya hidup masyarakat saat ini yang kemudian dipromosikan dengan media online secara efektif (ST10), melakukan pengendalian persediaan terhadap bahan baku (ST11), mendesain sisi luar toko dengan atribut UKM Arjuna 999 (ST12), meningkatkan standar operasional prosedur pada kinerja karyawan (ST13). Hasil dari analisis QSPM menunjukkan bahwa prioritas strategi pengembangan produk keripik nangka di UKM Arjuna 999 adalah mengembangkan inovasi produk sesuai gaya hidup masyarakat saat ini yang kemudian dipromosikan dengan media online secara efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/139/051603020
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 13 Apr 2016 11:13
Last Modified: 15 Nov 2021 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150669
[thumbnail of 02_Halaman_Judul.pdf] Text
02_Halaman_Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 01_Cover.pdf] Text
01_Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05_RIWAYAT_HIDUP.pdf] Text
05_RIWAYAT_HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 04_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf] Text
04_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06_LEMBAR_PERUNTUKAN.pdf] Text
06_LEMBAR_PERUNTUKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 03_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf] Text
03_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 07_PERNYATAAN_KEASLIAN_TUGAS_AKHIR.pdf] Text
07_PERNYATAAN_KEASLIAN_TUGAS_AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 08_SUMMARY_dan_RINGKASAN.pdf] Text
08_SUMMARY_dan_RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 09_KATA_PENGANTAR.pdf] Text
09_KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 10_DAFTAR_ISI.pdf] Text
10_DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 11_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf] Text
11_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 12_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf] Text
12_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 13_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf] Text
13_BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 15_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf] Text
15_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 14_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf] Text
14_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 16_DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
16_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item