Perencanaan Strategi Pengembangan Potensi UMKM Menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

Ruba`iyah, Imas (2016) Perencanaan Strategi Pengembangan Potensi UMKM Menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities and Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian nasional. UMKM mampu menciptakan lapangan pekerjaan, memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan penciptaan devisa nasional melalui ekspor. Dalam menghadapi persaingan, UMKM Agroindustri di Kabupaten Probolinggo harus mampu menyusun strategi dalam bersaing. Strategi penting dalam bisnis karena merupakan bagian dari kegiatan yang dirancang dalam menjalankan aktivitas kegiatan bisnis. Semakin baik dan tepat strategi bisnis yang diterapkan semakin kuat dalam menghadapi persaingan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif perencanaan strategi yang tepat dalam pengembangan UMKM agroindustri di Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT merupakan alat yang cepat, efektif dan efisien dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan pengembangan, pengambilan keputusan dan memperluas visi dan misi organisasi. Keunggulan dari penggunaan metode QSPM yaitu untuk mengevaluasi dan memilih strategi terbaik yang paling cocok dengan lingkungan eksternal dan internal. Penelitian dilaksanakan pada UMKM agroindustri di Kabupaten Probolinggo dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan pengumpulan data serta wawancara dengan nara sumber. Responden dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu 30 orang pelaku UMKM sebagai responden penelitian dan juga 5 orang pakar sebagai responden ahli. xiv Hasil perencanaan strategi pengembangan potensi UMKM Agroindustri di Kabupaten Probolinggo berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal dalam penelitian ini menunjukkan bahwa posisi UMKM agroindustri pada matriks IE berada pada sel V dengan nilai skor matriks IFE sebesar 2,420 dan nilai skor matriks EFE sebesar 2,372. Kemudian berdasarkan matriks SWOT didapatkan sembilan alternatif strategi antara lain mempertahankan kualitas produk; melakukan inovasi produk; memperluas pasar; memanage persediaan produk jadi; mengoptimalkan dukungan pemerintah; meningkatkan promosi melalui iklan, media cetak, media sosial dan website; mengoptimalkan bahan baku dan minimasi biaya produksi; melakukan kerjasama dengan pemasok bahan baku; dan menghindari permintaan konsumen dalam jumlah yang terlalu banyak. Prioritas strategi didapatkan dengan menggunakan matriks QSPM untuk mendapatkan nilai Total Attractive Score (TAS). Strategi dengan TAS terbesar merupakan strategi prioritas, strategi tersebut adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk (6,872). Strategi pada urutan kedua yaitu melakukan inovasi produk (6,709) dan strategi pada urutan ketiga yaitu mengoptimalkan dukungan pemerintah (6,831).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/136/051603017
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 14 Apr 2016 13:59
Last Modified: 12 Nov 2021 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150666
[thumbnail of 00_Cover.pdf]
Preview
Text
00_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01_HALAMAN_JUDUL.pdf]
Preview
Text
01_HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 07_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
07_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
03_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 08_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
08_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
09_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 010_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
010_BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 013_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
013_BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 011_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
011_BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 012_BAB_III_METODOLOGI.pdf]
Preview
Text
012_BAB_III_METODOLOGI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 014_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
014_BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
015_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item