Perencanaan Strategi untuk Pengembangan Katering Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM (Studi Kasus Apel Catering, vii Malang).

Dewantari, Amelia Wima (2016) Perencanaan Strategi untuk Pengembangan Katering Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM (Studi Kasus Apel Catering, vii Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan masyarakat modern yang tidak sempat untuk memasak atau menyiapkan makanannya disebabkan oleh kesibukan aktifitas sehari-hari dan gaya hidup. Keberadaan jasa katering makin menjangkau kehidupan masyarakat dengan berbagai kemudahan. Pertumbuhan usaha katering di Malang telah berkembang pesat yang disebabkan oleh permintaan konsumen yang tinggi untuk acara pernikahan, rapat, acara kemahasiswaan, dan acara beberapa instansi pemerintahan. Salah satu usaha katering yang sudah ada di Malang adalah Apel Catering yang sudah 17 tahun berkontribusi melayani konsumen dalam berbagai macam acara besar maupun kecil. Tingkat persaingan usaha katering yang makin ketat yaitu makin banyak usaha katering sejenis dengan pelayanan konsumen yang unggul, dan penawaran harga serta menu yang bervariasi. Kondisi tersebut mengakibatkan pengelola Apel Catering mencari cara agar konsumen loyal terhadap layanan yang telah diberikan dan menggali peluang usaha yang harus berbeda dengan pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi dan menentukan prioritas rencana strategi pengembangan yang tepat dan terbaik pada Apel Catering. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan pengembangan usaha Apel Catering melalui matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Faktor internal yaitu kekuatan yang terdiri dari penyajian menarik, rasa lezat, harga terjangkau dan murah, brosur menarik, promosi sering melalui kenalan atau saudara, karyawan ramah, dan karyawan sopan saat melayani konsumen. Sedangkan faktor internal (kelemahan) yaitu menu kurang bervariasi, diskon kurang menarik, website atau sosial media kurang memberikan informasi terbaru, viii promosi melalui website atau sosial media kurang menarik, dan penampilan karyawan kurang rapi. Faktor eksternal (peluang) yaitu kualitas sesuai dengan harga yang ditetapkan, melayani berbagai acara, aman dikonsumsi, dan pelayanan cepat. Sedangkan faktor eksternal (ancaman) yaitu katering baru lebih menarik, katering lain menawarkan menu sejenis yang lezat, selain jasa katering seperti hotel atau restoran, dan jumlah armada terbatas. Berdasarkan matriks IFE dan EFE maka diketahui posisi Apel Catering dengan menggunakan matriks Internal Eksternal (IE). Matriks SWOT yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal selanjutnya dianalisis dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang mengevaluasi berbagai strategi alternatif agar memperoleh strategi prioritas pengembangan usaha katering. Berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh bobot tertinggi pada kekuatan adalah menu yang disajikan lezat, sedangkan bobot tertinggi pada kelemahan adalah menu yang disajikan kurang bervariasi. Matriks EFE diperoleh bobot tertinggi pada peluang adalah masakan aman dikonsumsi, sedangkan bobot tertinggi pada ancaman adalah usaha katering baru yang lebih menarik. Strategi yang sesuai untuk Apel Catering saat ini berada pada posisi sel V yang membutuhkan penetrasi pasar. Hasil matriks SWOT menghasilkan delapan strategi dalam pengembangan Apel Catering yaitu menjaga kualitas rasa dan penyajian, pilihan menu dengan harga murah, komunikasi yang baik dengan konsumen, pelatihan karyawan, website menampilkan variasi menu dan diskon, tester menu katering, brosur menampilkan menu, harga, dan fasilitas, serta inovasi meliputi variasi menu, dekorasi, dan penampilan karyawan. Prioritas strategi yang diperoleh dari matriks QSPM adalah menjaga kualitas rasa dan penyajian.

English Abstract

Food and beverage is a basic requirement that must be met in everyday life. Modern society that does not have time to cook or prepare food caused by the busyness of everyday activities and lifestyles. The existence of catering services reach more people's lives with ease. The catering business in Malang has been growing rapidly due to high consumer demand for weddings, meetings, student events, and some government agencies. One of the catering business in Malang is Apel Catering which is already exist for about 17 years serving the consumer contribute in a variety of large and small events. The tighter of competition level on catering business that is the more similar catering businesses with superior customer service, and quotations as well as a varied menu. Such conditions caused the manager of Apel Catering seek ways in order to that consumers loyal to the services that have been granted and explore business opportunities to be different from its competitors. The aim of this study is to identify the environmental internal and external factor which be faced and determine the priority of of appropriate and the best strategic development plans on Apel Catering. This study will analyze the factors that affecting the business development planning Apel Catering by matrix Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE). Internal factors are strengths which consist of the interesting presentation, delicious taste, affordable and cheap prices, attractive brochures, often promotions through friends or relation, friendly employees and courteous employees while serving customers. While internal factors (weakness) that is less varied menu, less attractive prices, website or social media does not give you the latest information, less attractive promotion through the website or social media, and neat appearance employee. External factors (opportunities) that are the quality in accordance with a set price, serving a variety of events, safe, and fast service. While external factors (threats) is a new x catering that more interesting, another caterer offers a similar menu that more delicious, in addition to catering services such as hotel or restaurant, and a limited number of fleets. Based on IFE and EFE matrix known that the position of Apel Catering by using matrix Internal External (IE). SWOT matrix that consisting of internal factors and external factors analyzed by the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) method which evaluate various alternative strategies in order to obtain a priority strategy development of catering business. Based on IFE matrix analysis obtained the highest score on strength is delicious served menu, while the highest score on the weakness is less varied of presented menu. EFE matrix obtained that the highest score on the opportunities is safe to consume, while the highest score on the threat is the more attractive of a new catering business. An appropriate strategy for Apel Catering is in a position cell V that need a market penetration. Results of the SWOT matrix produced eight strategies in the development of Apel Catering that are maintain the quality of taste and presentation, menu options at a low price, good communication with the consumer, employee training, a website featuring a varied menu and prices, tester of catering menus, brochures displaying the menu, prices, and facilities, and than innovations that include variations of the menu, the decor, and the employee appearance. Strategic priorities that derived from the matrix QSPM is to maintain the quality of taste and presentation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/111/051602992
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Katering, Strategi, QSPM,-Catering, QSPM, Strategy, SWOT Analysis.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Apr 2016 11:09
Last Modified: 01 Dec 2021 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150639
[thumbnail of BAB_1_QSPM_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_1_QSPM_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2_QSPM_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_2_QSPM_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_4_A5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3_QSPM_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_3_QSPM_A5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_A5.pdf]
Preview
Text
BAB_5_A5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_JUDUL-DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_JUDUL-DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item