Analisis Tingkat Kesukaan, Kepuasan, Dan Persepsi Kekenyangan Konsumen Terhadap Penambahan Condiment Pada Produk Mie Cincau Hitam Di Outlet FPTC (Food Production And Training Center) Teknologi Hasil P

Saputra, Ugi (2016) Analisis Tingkat Kesukaan, Kepuasan, Dan Persepsi Kekenyangan Konsumen Terhadap Penambahan Condiment Pada Produk Mie Cincau Hitam Di Outlet FPTC (Food Production And Training Center) Teknologi Hasil P. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang mie cincau hitam yang pernah dilakukan sebagian besar berfokus terhadap aspek fisik dan kimia serta pengaruh perbandingan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan mie cincau hitam. Belum banyak penelitian organoleptik yang menggambarkan respon konsumen terhadap penerimaan mie cincau hitam ketika disajikan utuh bersama dengan condiment. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan, kepuasan, dan persepsi kekenyangan konsumen terhadap penambahan condiment pada produk mie cincau hitam, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada umur dan jenis kelamin terhadap tingkat kesukaan, kepuasan, dan persepsi kekenyangan konsumen terhadap penambahan condiment pada produk mie cincau hitam. Penelitian ini menggunakan metode uji skoring (scoring test) dengan jumlah panelis berdasarkan Pilot Studi sebanyak 50 panelis, serta pengaruh hubungannya dengan umur dan jenis kelamin. Metode analisis data untuk melihat beda nyata menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) model General Linier Model (GLM), yang dilanjutkan dengan uji lanjut Tukey. Untuk mengetahui hubungan antar parameter uji menggunakan regresi non linear. Dari hasil uji sensoris oleh 50 panelis tidak terlatih dengan range skor 1-5, menghasilkan bahwa pada tingkat kesukaan konsumen, sambal memiliki tingkat kesukaan tertinggi dengan nilai rata-rata 4,06, urutan kedua adalah saus sambal dengan nilai rata-rata 3,84, serta urutan terakhir adalah acar dengan nilai rata-rata 3,32. Pada tingkat kepuasan konsumen, sambal memiliki tingkat kepuasan tertinggi dengan nilai rata-rata 3,96, urutan kedua adalah saus sambal dengan nilai rata-rata 3,8, serta urutan terakhir adalah acar dengan nilai rata-rata 3,32. Persepsi kekenyangan konsumen, saus sambal memiliki persepsi kekenyangan tertinggi dengan nilai rata-rata 3,86, urutan kedua adalah sambal dengan nilai rata-rata 3,76, serta urutan terakhir adalah acar dengan nilai rata-rata 3,46. Selanjutnya pada hubungan tingkat kesukaan dengan umur dihasilkan tidak beda nyata dengan p-value 0,533, begitu juga dengan hubungannya dengan jenis kelamin dengan p-value 0,636. Pada hubungan tingkat kepuasan dengan umur dihasilkan perbedaan nyata dengan p-value 0,002, sedangkan hubungannya dengan jenis kelamin dihasilkan tidak beda nyata dengan p-value 0,153. Pada hubungan persepsi kekenyang dengan umur dihasilkan tidak beda nyata dengan p-value 0,420, begitu juga dengan hubungannya dengan jenis kelamin dengan p-value 0,657. Sedangkan hubungan antar parameter memberikan pengaruh namun tidak linear, yaitu pada hubungan antara tingkat kepuasan dengan tingkat kesukaan, tingkat kepuasan dengan persepsi kekenyangan, dan tingkat kesukaan dengan persepsi kekenyangan dengan nilai R-square 1.

English Abstract

Research on the black grass jelly noodles commonly focused only at the physical and chemical aspects, or the effect of using a different ratio of raw materials used in black grass jelly noodles. Only few organoleptic research that describes the response of consumers to the acceptance of black grass jelly noodles when whole served with condiment. The aim of this study is to determine the level of preference, satisfaction, and satiety perceptions of consumers toward condiment addition on black grass jelly noodles, as well as to determine whether there is an effect of the age and gender to the level of preference, satisfaction, and satiety perceptions against condiment addition on black grass jelly noodles. Analysis level of preference, satisfaction, and satiety perceptions of consumers was conducted using the scoring test with the number of panelists based Pilot Study of 50 panelists. Data analysis method using in this research is Analysis of Variance (ANOVA) General Linear Model (GLM), then followed by Tukey test. Non- linear regression was used to determine the correlation between the effect level of preference, satisfaction, and satiety perceptions with the age and gender of consumers and also the correlation between test parameters. Sensory test was conducted by 50 untrained panelists with score range 1-5, resulting on the level of consumers preferences, sambal has the highest preference level with a mean value 4,06, then followed by chili sauce with a mean value 3,84, and the last sequence is pickle with a mean value 3,32. For the level of customer satisfaction, sambal has the highest satisfaction rate with a mean value 3,96, the second rate is the chili sauce with a mean value of 3,8, and the last sequence is pickle with a mean value of 3,32. On the level of consumers satiety perceptions chili sauce has the highest satiety perception rate with a mean value 3,86 value, then the second rate is sambal with a mean value 3.76, and the last sequence is pickle with a mean value 3,46. Furthermore, correlation level of preferences with age resulting no significant diffeerence with p-value 0,533, as well as its correlation with gender with p-value of 0,636. At the correlation level of satisfaction with age resulting a real difference with p-value 0,002, while the correlation with gender resulting no significant difference with p-value 0,153. For the correlation satiety perceptions with age resulting no significant different with p- value 0,420, as well as its correlation with gender with p-value 0,420. As well as the correlation between parameters resulting a significant effect, with 1 on the R- square value. While the correlation between parameters of influence, but not linear, its the correlation between the level of satisfaction with the level of preference, the level of satisfaction with the satiety perception, and the level of preference with satiety perception, with 1 on the R-square value

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/10/051602888
Uncontrolled Keywords: ie cincau hitam, Respon konsumen, Condiment, Uji skoring, Pilot Study,-Black grass jelly noodles, Consumer response, Condiment, Scoring test, Pilot Study
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Apr 2016 09:37
Last Modified: 01 Dec 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150625
[thumbnail of Skripsi_Ugi_Saputra.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ugi_Saputra.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item