Analisis Persepsi Faktor-Faktor Visual Merchandise Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Rumah Makan (Studi Kasus Di Bara-Bara Malang)

Setyaningrum, Eka Nuraini (2015) Analisis Persepsi Faktor-Faktor Visual Merchandise Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Rumah Makan (Studi Kasus Di Bara-Bara Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa ini, rumah makan sudah menjamur di kota dengan penduduk yang memiliki tingkat konsumtif yang tinggi, seperti kota Malang. Tingkat persaingan yang tinggi mengharuskan para pemilik usaha rumah makan di kota Malang ini menginspirasi tempat usahanya dengan hal yang berbeda dari rumah makan lainnya. Bara-Bara merupakan salah satu rumah makan di kota Malang yang berdiri pada Juni 2014 dan memiliki visualisasi ruang yang modern dengan desain interior yang bergaya vintage dengan sentuhan western. Menawarkan menu utama yaitu nusantara dan traditional grill. Pemilik usaha mengaku agak kesulitan dalam memperoleh pelanggan untuk usaha kuliner keduanya ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menyederhanakan variabel-variabel visual merchandise menjadi beberapa faktor dengan metode analisis faktor dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil akhir perhitungan analisis faktor dengan SPSS 17.0 dari 8 variabel hanya 7 variabel visual merchandise yang dapat mengelompok pada faktor yang terbentuk. Ketujuh faktor tersebut diantaranya X7 (tampilan produk), X8 (kebersihan), X2 (tampilan eksterior), X5 (keragaman produk), X6 (desain), X3 (alat peraga), dan X4 (pencahayaan), sedangkan satu variabel yang tidak memenuhi syarat sehingga perlu dieliminasi adalah X1 (konsep toko). Ketujuh variabel tersebut tereduksi menjadi 2 faktor, yakni faktor 1 sebagai faktor karakteristik produk dan bukti fisik dan faktor 2 sebagai faktor general interior.

English Abstract

Nowadays, development of the culinary world is widespread increasingly. At this time, restaurants are already mushrooming in the city with a population that has a high level of consumption, such as Malang. High levels of competition makes restaurant owners inspire their business place with different things from others. Bara-Bara is one of the restaurants in Malang stand on June 2014 has a modern space visualization with vintage-style interior design and touch of western. Offering the main menu Indonesian cuisine and traditional grill. Business owner admit to a bit of difficulty in acquiring customers for his 2nd culinary business. The purpose of this study was to simplify the visual merchandising variables into a few factors by factor analysis methods and questionnaires as data collection instruments. Based on the final calculation of the factor analysis with SPSS 17.0 from 8 variables only 7 variables of visual merchandise that can be clustered in the forming factor. The seventh of these factors include X7 (product appearance), X8 (cleanliness), X2 (exterior appearance), X5 (kind of products), X6 (design), X3 (props), and X4 (lighting), while the one variable that did not meet requirements and need to be eliminated are X1 (store concept). The seven of variables are reduced into two factors, namely factor 1 as product characteristics and physical evidence and a factor 2 as general interior.

Other obstract

=

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/606/ 051601030
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Feb 2016 15:08
Last Modified: 13 Jun 2022 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150545
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item