Karakterisasi Parsial Dan Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Di Daerah Sanan, Kota Malang

Janna, Roichatul (2015) Karakterisasi Parsial Dan Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Di Daerah Sanan, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air tawar bersih untuk air minum semakin langka di perkotaan. Air sungai, sumur, dan PDAM yang menjadi sumber air minum sudah tercemar. Oleh sebab itu, mengapa saat ini Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) banyak dikonsumsi. Saat ini, AMDK mendominasi pangsa pasar minuman di Indonesia sebesar 84,1%. Akibatnya banyak perusahaan yang memanfaatkan peluang bisnis untuk memproduksi air minum tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian yakni faktor individual konsumen dan bauran pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan tanggapan responden tentang perbedaan dan karakterisasi parsial di dalam AMDK, mengetahui karakteristik kimia sampel air sungai, sumur, PDAM, dan 10 merk AMDK, mengetahui karakteristik organoleptik dari 10 merk AMDK berdasarkan uji hedonis (kesukaan), dan mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk AMDK. Penelitian dilakukan melalui 2 tahap, tahap 1 dengan survei wawancara tentang perbedaan, karakterisasi parsial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap AMDK yang beredar di pasaran. Wawancara dilakukan terhadap 100 ibu rumah tangga di Daerah Sanan, Kota Malang. Penelitian tahap 2 yakni tentang karakterisasi parsial dari air sungai, sumur, PDAM, dan 10 merk AMDK, yang mana meliputi analisa kimia dan pengujian organoleptik. Analisa kimia meliputi analisa pH, kekeruhan, zat terlarut, dan zat organik (angka KMnO4), dimana 13 sampel dianalisa sebanyak 2 kali. Pengujian organoleptik meliputi uji hedonis rasa, bau, dan warna dari 10 merk AMDK. Uji hedonis menggunakan 20 panelis semi terlatih dan sampelnya diberi kode. Pada penelitian tahap 2, digunakan sampel AMDK cup ber-netto 250 ml yang diperoleh dari pasaran, dimana pengambilannya dilakukan secara acak dari toko grosir utama. Data yang diperoleh dari penelitian tahap 1 diolah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta data yang diperoleh dari penelitian tahap 2 diolah menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengetahuan dan tanggapan responden tentang perbedaan dan karakterisasi parsial AMDK yang beredar di pasaran masih kurang. Hasil uji ANOVA dan Post Hoc Tukey pH, kekeruhan, zat terlarut, dan zat organik (angka KMnO4) menunjukkan bahwa antar sampel air minum memiliki perbedaan nyata (p < 0,05 atau 0,00) dan memenuhi SNI 01-3553-2006 tentang Air Minum Dalam Kemasan, serta sampel air minum yang memiliki pH mendekati netral, kekeruhan, zat terlarut, dan zat organik (angka KMnO4) terendah sehingga tidak membahayakan untuk dikonsumsi adalah AMDK 10. Tidak terdapat perbedaan rasa (p > 0,05 atau 0,86), bau (p > 0,05 atau 0,80), dan warna (p > 0,05 atau 0,37) dari seluruh sampel AMDK. Faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian AMDK adalah promosi.

English Abstract

Hygiene water to drink is rare in city. River water, well water, and Water Supply Company water that become drinking water source have been contaminated. Because of that, why now a days packaged drinking water many consumed. Now a days, packaged drinking water dominate market share of drinking product in Indonesian about 84,1%. The impact is many company that utilize business chance to production that drinking water. Factors that affecting for buying are consumer individual factor and marketing mix. The aim of this research is to know respondent’s knowledge about differentiation and partial characterization in packaged drinking water, to know chemical characterization of river water, well water, Water Supply Company water, and 10 brand packaged drinking water, to know organoleptic characterization of 10 brand packaged drinking water basic hedonic test, and to know factor that affecting consumer for buying of packaged drinking water. The research do in 2 step, step 1 with interview survey about differentiation, partial characterization, and factors that affecting for buying of packaged drinking water that separate in market. The interview do to 100 housewife in Sanan Region, Malang City. The research in step 2 is about partial characterization of river water, well water, Water Supply Company water, and 10 brand packaged drinking water that separate in market, which is including chemical characteristic and organoleptic test. Chemical analysis including ph, turbidity, dissolved solid, and organic substance (KMnO4), which is 13 sample analysed twice. Organoleptic test including hedonic test of taste, smell, and color from 10 brand packaged drinking water that separate in market. Hedonic test uses 20 semi trained panelist and the sample given code. The research in step 2 use packaged drinking water sample that netto 250 ml, which is from market with random take from Utama Grosir shop. The data from research in step 1 is compute with qualitative and quantitative descriptive, meanwhile the data from research in step 2 is compute with ANOVA. The result of this research is respondent’s knowledge about differentiation and partial characterization of packaged drinking water that separate in market is less. The result of ANOVA and Post Hoc Tukey test of ph, turbidity, dissolved solid, and organic substance (KMnO4) show that between drinking water have a real different (p < 0,05 or 0,00) and complete SNI 01-3553-2006 about packaged drinking water, and the sample that neutral pH, low turbidity, low dissolved solid, and low organic substance (KMnO4) is 10 packaged drinking water. Nothing different about taste (p > 0,05 or 0,86), smell (p > 0,05 or 0,80), and color (p > 0,05 or 0,37) from packaged drinking water sample. Factors that dominate affecting consumer to determine for buying is promotion.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/568/ 051508857
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Dec 2015 15:26
Last Modified: 10 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150502
[thumbnail of Untitled.pdf] Text
Untitled.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item