Pengaruh Cara Minum Dengan Volume Terbatas Pada Es Kopi Instan Original Terhadap Persepsi Multisensoris Konsumen Menggunakan Metode Rata (Rate-All-That-Apply)

Ramdani, Auliyah Sari (2015) Pengaruh Cara Minum Dengan Volume Terbatas Pada Es Kopi Instan Original Terhadap Persepsi Multisensoris Konsumen Menggunakan Metode Rata (Rate-All-That-Apply). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Es kopi instan merupakan produk turunan kopi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Es kopi instan banyak dipasarkan dengan berbagai kemasan siap minum maupun yang disajikan di Cafe, yang dapat menyebabkan cara konsumsi yang berbeda. Beberapa penelitian sebelumnya dengan produk berbeda mengindikasikan bahwa cara konsumsi memberikan pengaruh terhadap persepsi multisensoris panelis dan volume konsumsi juga dapat mempengaruhi penilaian panelis terhadap karakteristik sensoris minuman. Sehingga dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari cara konsumsi dengan volume terbatas pada es kopi instan original terhadap persepsi multisensoris konsumen, yang mana penelitian di bidang ini belum banyak dilakukan terutama untuk produk cair. Penelitian ini dibagi menjadi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menghimpun kosakata sensoris es kopi instan original dengan survei daring yang melibatkan 92 orang responden. Pada penelitian utama, metode RATA (rate-all-that-apply) diaplikasikan untuk mengetahui pengaruh cara konsumsi yang berbeda (“langsung dari gelas”, “menggunakan sendok”, dan “melalui sedotan”) dengan volume terbatas pada es kopi instan original terhadap persepsi multisensoris konsumen dan melibatkan 70 orang kosumen sebagai panelis tidak terlatih. Kosakata sensoris yang didapatkan dari survei daring yaitu sebanyak 49 atribut. Jumlah konsumsi sampel “melalui sedotan” > “langsung dari gelas” > “menggunakan sendok”, yaitu “melalui sedotan” sebanyak 20.34 ml, “langsung dari gelas” sebanyak 18.96 ml dan “menggunakan sendok” sebanyak 17.27 ml. Dari 49 atribut, terdapat 5 atribut yang dirasakan berbeda nyata akibat pengaruh cara konsumsi yang berbeda dengan volume terbatas (P<0.05). Analisis multivariat (Uji MANOVA) secara global menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh nyata dari berbagai cara konsumsi dengan volume terbatas terhadap persepsi multisensoris panelis (P>0.05). Cara konsumsi berbeda memiliki karakteristik multisensoris tersendiri, seperti yang ditunjukkan dari hasil Correspondence Analysis. Cara konsumsi “langsung dari gelas” dan “melalui sedotan” memiliki karakteristik sensoris yang lebih dekat dibandingkan dengan “menggunakan sendok”.

English Abstract

Instant iced coffee is one of coffee product which is favored at Indonesia. Iced coffee is distributed in market mostly in the form of ready to drink package. Meanwhile, several drinking methods are also observed at Café’s. Previous studies with different product indicated the influence of drinking methods to panelists multisensory perception and consumption volume could also influence panelists assessment on sensory characteristic of beverage. So, this study aimed to investigate the influence of drinking methods with restricted volume on consumers multisensory perception of original instant iced coffee, which, yet few studies had been carried out and reported on this area particularly for liquid product. This study was divided into preliminary studies and main studies. Preliminary studies conducted to collect Indonesian original instant iced coffee attributes list or lexicon with an online survey involving 92 respondents. In the main study, RATA (rate-all-that-apply) method was applied to investigate the influence of drinking methods (“drinking from the cup”, “tasting from the spoon” and “sucking through the straw”) with restricted volume on consumers multisensory perception of original instant iced coffee and involving 70 consumers as a untrained panelists. Original instant iced coffee attributes list or lexicon obtained from online survey is 49 attributes. Consumption volume “sucking through the straw” > “drinking from the cup” > “tasting from the spoon”, that is 20.35 ml for “sucking through the straw”, 18.96 ml for “drinking from the cup”, and 17.27 ml for “tasting from the spoon”. Five (5) out of total 49 attributes were perceived different by panelist because the influence of drinking methods with restricted volume (P<0.05). Multivariate analysis (MANOVA Test) globally showed that drinking methods with restricted volume does not influence panelists multisensory perception significantly (P>0.05). A particular drinking method has its own multisensory characteristic that differ each other, as shown by Correspondence Analysis. “Drinking from the cup” and “sucking through the straw” methods had closest multisensorial similarity which group apart from ““tasting from the spoon”.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/534/ 051508823
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Dec 2015 15:13
Last Modified: 03 Dec 2024 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150465
[thumbnail of SKRIPSI_ACC.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ACC.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item