Deteksi Gelatin Babi Pada Soft Candy Menggunakan Metode PCR-RFLP Sebagai Salah Satu Pembuktian Kehalalan Pangan

Fadhlurrahman, - (2015) Deteksi Gelatin Babi Pada Soft Candy Menggunakan Metode PCR-RFLP Sebagai Salah Satu Pembuktian Kehalalan Pangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Soft candy merupakan salah satu jenis permen yang menggunakan gelatin sebagai salah satu bahan tambahan. Gelatin merupakan senyawa protein turunan dari jaringan ikat dan tulang mamalia yang biasanya berasal dari babi dan sapi. Gelatin yang umum digunakan dalam industri adalah gelatin babi karena 46% dari produksi gelatin di dunia bersumber dari kulit babi (Karin dan Bath, 2009 dalam Fatihah, 2012). Namun sebagian besar industri tidak mencantumkan informasi mengenai asal dari gelatin yang digunakan. Hal tersebut menimbulkan masalah yang berkenaan dengan masalah keagamaan. Agama Islam melarang penganutnya untuk mengkonsumsi babi dikarenakan babi tidak dihalalkan untuk dikonsumsi.Salah satu metode yang mampu untuk mendeteksi adanya kandungan babi pada bahan pangan adalah PCR (Polymerase Chain reaction) dengan kombinasi metode RFLP (Restriction Fragment Length Polymorphism). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi kandungan gelatin babi padaSoft candy. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh metode RFLP pada proses Amplifikasi PCR terhadap peningkatan spesifitas pendeteksian komponen babi pada bahan pangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel bersifat accessible sampling yaitu pengambilan sampel yang dapat dijangkau oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah 7 dari 10 sampelSoft candy yang telah berhasil dilakukan amplifikasi PCR dengan ukuran 359 bp (basepair) menggunakan primer cytrochrome b(Cyt B). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa RFLPmampu meningkatkan spesifitas pendeteksian kandungan babi dengan terbentuknya fragmen DNA dengan ukuran 228 bp dan 131 bp pada hasil Amplifikasi DNA babi menggunakan enzim BseD1. Namun, tidak ada hasil amplifikasi DNA sampel Soft candyyang membentuk 2 fragmen DNA saat dilakukannya metode RFLP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada sample Soft candyyang mengandung gelatin babi.

English Abstract

Softcandy is a kind of candy which has different with other candy for the use of gelatin as gelling agent. Gelatin was a protein compound derived from mammals bones and connective tissue. Gelatin which usually used in industries are came from pigskin because the porcine gelatin was better than bovine gelatin in physicochemical and avaibility. In other hands, Industries are not required to inform customer about the material of used gelatin. It became a problem related to religious issue. Islamic Religion forbid their follower to consume pig and its derivates because pigs are not halal. One of method which capable to detect porcine and it’s derivates in food is PCR (Polymerase Chain Reaction) with combination of RFLP ( Restriction Fragment Length Polymorphism). The aim of this research was to detect porcine gelatine onsoftcandy. In other hand, this research also aimed to see the effect of RFLP method on process of PCR amplification in increasing the specifity of detection of porcine content in food. Research used a descriptive methodology. The sampling was based on accessible sampling which reachable by the researcher. The result of this research was 7 from 10 samples Softcandy succesfully amplified by PCR with the size of 369 bp (Basepair) using cyt B (Cytochrome B) primer. This research showed that RFLP was able to improve the specifity of detection on porcine content with the formation of 2 DNA fragment with the size 228 bp and 131 bp using BseD1 enzyme on the result of PCR amplification. However, there are no amplified DNA form softcandy sample which formed 2 fragment DNA when added by BseD1 enzyme. It can be concluded that there are no softcandy sample contain a porcine gelatin

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/468/051508757
Uncontrolled Keywords: Gelatin babi,PCR-RFLP,Soft candy,-PCR-RFLP, Porcine Gelatin,Softcandy
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jan 2016 10:26
Last Modified: 29 Nov 2021 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150390
[thumbnail of skripsi_Fadhlurrahman.pdf]
Preview
Text
skripsi_Fadhlurrahman.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item