Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Padang Dengan Analisis Finansial dan SWOT (Studi Kasus Rumah Makan Ampera Salero Kito, Ladang Inan Group di Situbondo)

Yusrizal, Deswanti (2015) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Padang Dengan Analisis Finansial dan SWOT (Studi Kasus Rumah Makan Ampera Salero Kito, Ladang Inan Group di Situbondo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ladang Inan Grup merupakan perusahaan induk dari beberapa usaha kecil, yang bergerak dalam bidang perdagangan dengan menjual beberapa produk seperti pakaian, obat-obatan, dan makanan jadi. Pada tahun 2012 Ladang Inan Grup membuka anak cabangnya di daerah Situbondo, Jawa Timur, dengan nama usaha Rumah Makan Salero Kito. Menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat produk dari rumah makan Salero Kito membutuhkan strategi-strategi untuk pengembangan usaha. Pengembangan usaha diperlukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Dapat dilihat bahwa didaerah sekitar rumah makan, banyak terdapat pesaing yang menuntut rumah makan Salero Kito untuk selalu kompetitif dan inovatif. Tujuan dari Penelitian ini adalah menentukan kelayakan finansial dari usaha rumah makan Salero Kito. Analisis finansial digunakan untuk menganalisis kelayakan suatu usaha dari segi keuangan melalui keputusan pengalokasian sumberdaya yang terbatas kedalam suatu peluang investasi yang ada, sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Analisis finansial biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa kriteria-kriteria penilaian investasi, yaitu Break Event Point (BEP) Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Net Benevit Cost (Net B/C), dan Pay Back Periode (PBP), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C) dan dibantu dengan perhitungan lain seperti Profitability Ratio (PR) (Prita, 2008). Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), xii peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Mark up diasumsikan 46%. HPP adalah Rp.10.321 harga jualnya sebesar Rp.14.965 per porsi, untuk memproduksi produk yang harus dihasilkan tiap tahunnya sebanyak 6.833 unit dengan total harga jual sebesar Rp.102.388.100 atau presentase nilai BEP sebanyak 12%. R/C rasio sebesar 1,46. Besar nilai infestasi awal Rp.59,065,600.00 sehingga didapatkan nilai NPV sebesar Rp.1,064,838,250. Pada penelitian ini tingkat suku bunga yang berlaku adalah sebesar 12%, terkait pembagian infestasi awal dengan rataan net cashflow didapatkan nilai IRR dalam penelitian ini sebesar 61%, nilai payback periode didapatkan 4 tahun 4 bulan. Analisis kelayakan finansial pada produksi rumah makan Ampera Salero Kito di kota Situbondo menunjukkan bahwa usaha tersebut feasible (layak) dikembangkan karena periode pengembalian kurang dari umur ekonomis proyek (5 tahun). Perumusan strategi pengembangan usaha berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan menunjukkan bahwa agroindustri rumah makan saat ini yaitu dalam posisi yang baik. Strategi yang dapat diterapkan adalah Hold and Maintain Strategy yaitu menerapkan strategi mempertahankan dan memelihara dengan cara yang biasa dilakukan seperti melakukan pengembangan produk dan meningkatkan pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/454/051508743
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 17 Dec 2015 10:50
Last Modified: 12 Nov 2021 05:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150374
[thumbnail of bab_4_new.pdf]
Preview
Text
bab_4_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of excel_skripsi_wanti.pdf]
Preview
Text
excel_skripsi_wanti.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover_new.pdf]
Preview
Text
cover_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of dapus_new.pdf]
Preview
Text
dapus_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan_new.pdf]
Preview
Text
ringkasan_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_persetujuan.pdf]
Preview
Text
lembar_persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_1_new.pdf]
Preview
Text
bab_1_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_2_new.pdf]
Preview
Text
bab_2_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_3_new.pdf]
Preview
Text
bab_3_new.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item