Kajian Pengembangan Produk Cokelat Berdasarkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus di Koperasi Serba Usaha Guyub Santoso Blitar

Kistianingtyas, Enny (2015) Kajian Pengembangan Produk Cokelat Berdasarkan Preferensi Konsumen (Studi Kasus di Koperasi Serba Usaha Guyub Santoso Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya tingkat penjualan dan beragamnya pola konsumsi masyarakat akan produk cokelat merupakan masalah yang dihadapi KSU Guyub Santoso Blitar. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, tingkat pendapatan, pendidikan dan pengetahuan, ketersediaan dan keterjangkauan. Data yang bersumber dari pihak manajemen menjelaskan bahwa jumlah pengunjung dari awal berdirinya Kampung Cokelat sampai saat ini meningkat pesat, sedangkan penjualan cokelat juga cukup meningkat namun masih tergolong rendah. Peningkatan jumlah pengunjung wisata saat ini tidak sebanding dengan penjualan produk cokelatnya sehingga KSU Guyub Santoso ingin melakukan pengembangan produk cokelat yang diproduksinya berdasarkan preferensi konsumen remaja dan dewasa. Maka dari itu diperlukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menentukan kombinasi atribut yang optimal serta tingkat kepentingan atribut untuk pengembangan produk cokelat di KSU Guyub Santoso berdasarkan preferensi konsumen remaja dan dewasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode konjoin dengan teknik pengambilan datanya melalui pengisian kuesioner sebanyak 109 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang optimal untuk pengembangan produk cokelat berdasarkan preferensi konsumen remaja dengan rasa original, berat 12 gram, bentuk balok, dan harga Rp 1.250,00,- sedangkan berdasarkan preferensi konsumen dewasa dengan rasa original, berat 12 gram, bentuk hati, dan harga Rp 1.250,00. Kemudian tingkatan kepentingan atribut yang mempengaruhi pembelian konsumen remaja terhadap produk cokelat yaitu berat produk sebesar 30,82 %, kemudian harga produk sebesar 26,24 %, bentuk produk sebesar 22,74 % dan rasa produk sebesar 20,20 %. Sedangkan berdasarkan konsumen dewasa yaitu berat produk sebesar 30,20 %, harga produk sebesar 27,47 %, bentuk produk sebesar 25,56 %, dan rasa produk sebesar 16,77 %. Berdasarkan hasil tingkat kepentingan ini dapat dijadikan pertimbangan terhadap atribut untuk pengembangan produk cokelat di KSU Guyub Santoso.

English Abstract

Low-sale levels and public consumption habits toward chocolate products are problems faced by KSU Guyub Santoso Blitar. Those problems are influenced by age, income, education and knowledge, availability and affordability. The data taken from the management show that, now, there is a dramatic improvement regarding to the numbers of visitors compared to that of the beginning of Kampung Cokelat. However, the sales of chocolate are categorized as low-sale levels. Since the increasing numbers of visitors are not proportional to the sales of chocolate, KSU Guyub Santoso wants to develop their chocolate products according to consumer preferences made by adolescents and adults. Thus, it is important to conduct a research which aims to determine optimum combined-attributes and their importance for chocolate product development in KSU Guyub Santoso based on adolescents’ and adults’ preferences. This research uses a conjoint method which uses questionnaire as the research instrument applied to 109 subjects. Based on adolescents’ preferences, the results show that the optimum combined-attributes are original flavor, 12 grams, in beam shape, priced 1,250 IDR. Meanwhile, based on adults’ preferences, the optimum combined-attributes are original flavor, 12 grams, in heart shape, priced 1,250 IDR. Then, the levels of the importance of the attributes which influence adolescents toward chocolate consumption are 30.82% as product’s weight, 26.24% as product’s price, 22.74% as product’s shape, and 20.20% as product’s taste. Meanwhile, based on adults’ preferences, the levels of the importance of the attributes are 30.20% as product’s weight, 27.47% as product’s price, 25.56% as product’s shape, and 16.77% as product’s xvi taste. By referring to the results above, KSU Guyub Santoso can use them as a consideration to develop their chocolate product

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/406/051508694
Uncontrolled Keywords: analisis konjoin, cokelat, pengembangan produk, preferensi konsumen,-chocolate, conjoint analysis, consumer preferences, product development
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jan 2016 12:12
Last Modified: 26 Nov 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150320
[thumbnail of 8._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
8._Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
9._Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Daftar_Isi,_Tabel,_Gambar,_Lampiran.pdf]
Preview
Text
10._Daftar_Isi,_Tabel,_Gambar,_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Halaman_Judul.pdf]
Preview
Text
2._Halaman_Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover.pdf]
Preview
Text
1._Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3._Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4._Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Lembar_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
6._Lembar_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._Pernyataan_Keaslian.pdf]
Preview
Text
7._Pernyataan_Keaslian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
5._Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item