Rancang Bangun Teknologi Pencahayaan Otomatis Berbasis Photoperiodic pada Pembenihan Kentang (Solanum Tuberosum L.) Secara Aeroponik dalam Greenhouse di Desa Sumberbrantas Kota Batu

Amaliyah, Lia (2015) Rancang Bangun Teknologi Pencahayaan Otomatis Berbasis Photoperiodic pada Pembenihan Kentang (Solanum Tuberosum L.) Secara Aeroponik dalam Greenhouse di Desa Sumberbrantas Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Sumberbrantas merupakan salah satu penghasil kentang di Provinsi Jawa Timur.Untuk memperoleh benih kentang yang unggul, beberapa petani di desa Sumberbrantas berinisiatif untuk melakukan pembenihan kentang secara aeroponik di dalam greenhouse.Hasilnya sudah cukup baik, tetapi masih belum optimal jika dibandingkan benih kentang impor dari Negara-negara subtropis.Salah satu penyebab pembenihan kentang yang tidak optimal yaitu kurangnya pencahayaan.Berdasarkan photoperiodic-nya kentang memerlukan pencahayaan maksimal 16 jam/hari, sedangkan di desa Sumberbrantas kentang hanya mendapatkan pencahayaan 10 jam/hari.Mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan percobaan dengan menerapkan teknologi pencahayaan otomatis berbasis photoperiodic pada pembenihan kentang aeroponik di Desa Sumberbrantas.Dalam sistem kerjanya alat ini dibantu oleh sensor fotodioda dan mikrokontroler ATmega16. Apabila intensitas cahaya kurang dari 150 lux mikrokontroler akan memberikan perintah kepada lampu TL Fluora untuk menyala. Selanjutnya jika timer RTC menunjukkan lampu telah menyala selama 4 jam maka mikrokontroler akan memberikan perintah pada lampu untuk padam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara merancang, membuat, mengoperasikan dan analisa finansial teknologi pencahayaan otomatis berbasis photoperiodic. Dengan menggunakan teknologi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan harga jual dari benih kentang di Desa Sumberbrantas Kota Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/36/051501873
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 08:20
Last Modified: 22 Oct 2021 16:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150268
[thumbnail of naskah_skripsi_lia.pdf]
Preview
Text
naskah_skripsi_lia.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item