Aplikasi Lighting Automatic Potatoes Seeding (LUMOS) Terhadap Pembenihan Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) pada Greenhouse Kelompok Tani Anjasmoro III di Desa Sumberbrantas Kota Batu

Pambudi, AkbarSetyo (2015) Aplikasi Lighting Automatic Potatoes Seeding (LUMOS) Terhadap Pembenihan Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) pada Greenhouse Kelompok Tani Anjasmoro III di Desa Sumberbrantas Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Sumberbrantas, Kota Batu merupakan desa penghasil kentang. Salah satu kelompok tani yang mempunyai program khusus pembenihan kentang secara mandiri adalah Kelompok Tani Anjasmoro III. Namun, kelompok tani tersebut memiliki kendala yaitu benih kentang belum memenuhi kebutuhan pasar. Hal ini dikarenakan kurangnya pencahayaan, yang diakibatkan letak geografis lahan pertanian. Solusi kreatif yang ditawarkan yaitu dengan menggunakan LUMOS (Lighting Automatic Potatoes Seeding). LUMOS didesain khusus untuk memberikan pencahayaan tambahan pada pembenihan kentang di dalam greenhouse secara otomatis dengan photoperiodic. Selama ini sudah dilakukan rancang bangun dan uji peformansi LUMOS, akan tetapi belum dilakukan pengamatan langsung pengaruh pertumbuhan benih kentang dan mitra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaplikasian LUMOS pada mitra baik pengaruh pertumbuhan benih dan keuntungannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengukuran umbi benih kentang dengan perbandingan diameter, massa dan jumlah bakal benih yang dihasilkan dan perhitungan ekonomi teknik. Hasil yang diperoleh rata-rata penambahan diameter benih kentang sebesar 8,128 mm, dan penambahan massa 31,3 gram serta jumlah benih tiap tanaman adalah 6-10 benih. Selain itu didapatkan pula kelompok tani Anjasmoro III mampu memenuhi kebutuhan 9000 benih kentang selama satu periode dan memberikan kenaikan laba mencapai 28,9% serta keuntungan mencapai Rp 20.169.000,00 pertahunnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/34/051501871
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 07:22
Last Modified: 22 Oct 2021 16:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150246
[thumbnail of BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_METODE.pdf]
Preview
Text
BAB_III_METODE.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_V_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item