Analisis Pengendalian Kualitas Keripik Apel Pada Proses Produksi Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus di UKM Ramayana Agromandiri Kota Batu, Jawa Timur).

Sani, Huzain (2015) Analisis Pengendalian Kualitas Keripik Apel Pada Proses Produksi Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus di UKM Ramayana Agromandiri Kota Batu, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik adalah makanan ringan (snack food) yang tergolong jenis makanan crackers, yaitu yang bersifat kering dan renyah (crispy). Pada UKM Ramayana Agromandiri, proses pengolahan keripik apel masih terdapat ketidaksesuaian pada bentuk produk yaitu ukuran yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan, yaitu bentuk keripik apel tidak bulat penuh/remuk. Bentuk keripik apel yang tidak sesuai, disebabkan saat proses pengupasan (peeling) buah apel, tidak dilakukan secara teliti dan tanpa pengawasan. Pengendalian kualitas merupakan salah satu kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan proses produksi, dimana pada pengendalian kualitas ini dilakukan pemeriksaan serta pengujian karakteristik kualitas yang dimiliki produk. Metode Six Sigma dapat digunakan untuk mengukur kapabilitas proses pengupasan (peeling), menghitung nilai sigma pada proses pengupasan (peeling) dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian bentuk keripik apel terhadap spesifikasi, serta membuat usulan untuk perbaikan kualitas. UKM Ramayana Agromandiri, memiliki indeks kapabilitas sigma untuk proses yang telah distabilkan sebesar 2,15. Kemampuan proses perajangan keripik apel memiliki nilai Final Yield untuk proses yang telah distabilkan sebesar 74,07%, berada diatas rata-rata industry Indonesia dengan nilai ≥ 69,15%. Faktor-faktor yang menjadi penyebab ketidaksesuaian ukuran keripik apel yaitu manusia, metode dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/222/051504939
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jul 2015 09:41
Last Modified: 16 Nov 2021 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150116
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover_+_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
cover_+_daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
Text
Bab_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
Text
Bab_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
Text
Bab_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
Text
Bab_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item