Analisis Pengaruh Konsentrasi Senyawa NaOH Terhadap Kandungan Lignin, Selulosa dan Total Gula Pereduksi Pada Proses Pretreatment Ulva lactuca Untuk Produksi Bioetanol

Adiningrum, Yusi (2015) Analisis Pengaruh Konsentrasi Senyawa NaOH Terhadap Kandungan Lignin, Selulosa dan Total Gula Pereduksi Pada Proses Pretreatment Ulva lactuca Untuk Produksi Bioetanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis energi merupakan masalah yang sangat mendasar di negara Indonesia yang dapat diatasi dengan mengembangan energi alternatif yang dapat diperbaharui salah satunya bioetanol. Salah satu biomassa yang berpotensi sebagai bahan baku bioetanol adalah Ulva lactuca karena memiliki kandungan lignin yang rendah yaitu sebesar 2.9 % (Santi, dkk, 2012), serta kandungan karbohidratnya yang tinggi yaitu 46 – 51% (Aslan, 1991). Metode alkali pretreatment lebih efektif merusak ikatan ester antara lignin dan selulosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi NaOH dengan pemanasan menggunakan autoclave terhadap kandungan lignin, selulosa dan total gula pereduksi rumput laut Ulva lactuca. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor perlakuan yaitu konsentrasi NaOH yang terdiri dari 3 level (0,4M; 0,5M; dan 0,6M) sehingga diperoleh 3 kombinasi perlakuan dengan pengulangan sebanyak tiga kali dan ditambah dengan sampel kontrol sehingga didapatkan 10 satuan percoban. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncant New Multiple Range Test (DMRT) / uji jarak berganda dengan taraf nyata 5 %. Uji perlakuan terbaik dilakukan dengan metode Indeks Efektivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2015/205/051504935
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2015 14:05
Last Modified: 22 Oct 2021 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150097
[thumbnail of ISI_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ISI_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item