Kebab Rendang : Inovasi Kebab Nasi Khas Sumatera Barat Menjadi Modern, Unik, Praktis dan Cepat Saji Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Bangsa

Erwin, Fadhila (2014) Kebab Rendang : Inovasi Kebab Nasi Khas Sumatera Barat Menjadi Modern, Unik, Praktis dan Cepat Saji Sebagai Upaya Pelestarian Kuliner Bangsa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebab merupakan makanan khas Timur Tengah yang sudah menjadi salah satu makanan populer di dunia. Dimana kebab memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yaitu praktis, ekonomis, lezat dan enak. Dengan mempertimbangkan peluang bisnis di dunia kuliner, maka diciptakan sebuah usaha bisnis dengan produk awal berupa inovasi kebab nasi yaitu “Kebab Rendang” yang merupakan kombinasi nasi dengan daging rendang khas Sumatera Barat. Tujuan program wirausaha “Kebab Rendang” ini adalah dapat menjadi salah satu media pelestari masakan daerah dan dapat membuka usaha “Kebab Rendang” (kebab unik berisi nasi dan rendang khas Sumatera Barat) yang profitable dan berkelanjutan melalui sistem franchies dan kemitraan. Selain itu, makanan fastfood ini dapat menambah inovasi masakan daerah baik dari segi rasa maupun penyajiannya serta menjadikan kebab rendang sebagai makanan yang sangat digemari pada masa kini hingga masa mendatang. Untuk itu metode yang dilakukan adalah dengan memulai survey pasar, lalu dilanjutkan dengan pemantapan riset, sertifikasi produk, dan kegiatan penjualan. Pemasaranpun dilakukan melalui media online yaitu twitter, facebook,instagram serta blog dan media offline yaitu melalui pembagian brosur serta pemasangan banner. Hasil yang didapatkan adalah terbentuknya bisnis di bidang kuliner yang bermula dari pembuatan kebab inovatif yang dinamakan “Kebab Rendang”. Penjualan produk dilakukan di 2 outlet yang telah dimiliki serta pada stand bazar kuliner yang diadakan baik di dalam kampus maupun di luar kampus. “Kebab Rendang” ini telah mendaftarkan hak paten merk melalui LPPM Universitas Brawijaya.

English Abstract

Kebab is a typical Middle Eastern food that has become one of the popular food in the world. Where kebab has several advantages, among which are practical, economical, delicious and tasty. Taking into account the business opportunities in the world of culinary, then created a business with its initial product innovation rice kebab is "Kebab Rendang" which is a combination of rice with rendang typical of West Sumatra. Entrepreneurship program objectives "Kebab Rendang" This is may be one of the media conservationist regional cuisine and can open a business "Kebab Rendang" (unique kebab contains with rice and rendang from West Sumatra) were profitable and sustainable through franchies systems and partnerships. In addition, this fastfood can add innovation of regional cuisine both in terms of taste and presentation and make kebab rendang as the food that very popular in the present to the future. For the method to do is to start a market survey, followed by strengthening research, product certification, and sales activities. Marketing was conducted via online media that is twitter, facebook, instagram and blogs and offline media, by the distribution and installation of banners. The results obtained are a business establishment in the culinary field that originated from the manufacture of innovative kebab called "Kebab Rendang". Sales of products made in two outlets that have been owned and in stand culinary bazaar held either on-campus or off-campus. "Kebab Rendang" has filed a patent application for the brand through LPPM UB.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/496/051408398
Uncontrolled Keywords: Kebab Rendang, Praktis, Ekonomis, Lezat, Enak, Profitable
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Dec 2014 15:48
Last Modified: 09 Nov 2021 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149911
[thumbnail of 1._SAMPUL_(KEBAB_RENDANG).pdf]
Preview
Text
1._SAMPUL_(KEBAB_RENDANG).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item