Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Score Cafe, Malang).

Timur, Anggara Prio (2014) Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Score Cafe, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis makanan dan minuman semisal cafe dituntut untuk melakukan beberapa usaha agar mendapatkan performansi kerja dan kualitas pelayanan yang baik bagi pelanggan. Melalui beberapa keperluan tersebut dibutuhkanlah suatu penilaian kinerja yang tepat bagi cafe guna mengetahui seberapa besar pencapaian keberhasilan. Selain itu, penilaian kinerja pada dasarnya memegang peranan penting dengan tujuan untuk mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang masih terdapat dalam perusahaan. Score Cafe merupakan salah satu bisnis cafe yang menyajikan varian makanan dan minuman dengan total menu pilihan sebanyak 170 menu. Score Cafe baru berdiri September 2013 dan belum pernah melakukan penilaian kinerja sebelumnya. Hal tersebutlah yang akhirnya dijadikan sebagai patokan bahwa harus adanya kejelasan mengenai penentuan kualitas kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard merupakan satu dari beberapa metode untuk menilai kinerja yang tidak hanya dilihat dari satu sisi atau satu perspektif saja, namun ke dalam empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan serta pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil penilaian dari Score Cafe. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai secara langsung pemiliki Score Cafe yang berjumlah 2 orang serta 4 karyawan yang nantinya akan dijadikan sebagai responden dalam penilaian kepuasan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian Score Cafe berada pada kurva 0,44 yang berarti masuk kedalam kategori “cukup”. Penentuan Rating Scale yang digunakan adalah -1,0, dan 1 dengan perspektif keuangan didapatkan skor 0, perspektif pelanggan berskor 2, perspektif proses bisnis internal berskor 2, dan perspektif pertumbuhan serta pembelajaran berskor 0.

English Abstract

Food and beverage business such as cafe demanded to conduct many efforts in order to get well performance and service quality for customer. Through those requirements, it needs the right performance assessment for cafe to know how much the success been reached. Besides that, performance assessment basically has important role with the aim to detect the weakness or shortage that still exist in the company. Score Cafe is one of cafe business that serves various food and beverage with total menu for 170 menus. Score Cafe was built on September 2013 and never conducted performance assessment previously. Finally, this reason made as standard that there must be clarity about performance quality determination by using Balanced Scorecard method. Balanced Scorecard method is one from many methods to assess performance not only seen from one side or one perspective, but from four perspective, financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and growth and learning perspective. The aim of this research is to obtain research result from Score Cafe. The research conducted by interviewing directly the owner of Score Cafe for 2 persons and 4 employees that will be made as respondent in the employee satisfaction assessment. Research result shows that Score Cafe assessment is in the curve 0.44, it means that it is included into “enough” category. Rating Scale Determination that used in this research is -1.0 and 1 with financial perspective that obtained score 0, customer perspective 2, internal business process perspective 2, and growth and learning perspective 0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/467/051407783
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2014 07:41
Last Modified: 11 Nov 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149881
[thumbnail of SKRIPSI_ANGGARA_PRIO_TIMUR_-_105100301111020.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ANGGARA_PRIO_TIMUR_-_105100301111020.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item