Analisis Sistem Antrian untuk Menentukan Tingkat Pelayanan yang Optimal pada Kasir (Server) Rumah Makan Kober Mie Setan Malang dengan Metode Simulasi.

Ahse, Nur Susila (2014) Analisis Sistem Antrian untuk Menentukan Tingkat Pelayanan yang Optimal pada Kasir (Server) Rumah Makan Kober Mie Setan Malang dengan Metode Simulasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pangan semakin meningkat, berbagai tren makanan mulai muncul dikalangan masyarakat termasuk tren makanan pedas. Rumah makan Kober Mie Setan Jl. Soekarno Hatta-Malang merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan produk olahan mie dengan rasa yang pedas dengan berbagai macam level kepedasan. Antusias warga Malang yang sangat tinggi membuat rumah makan ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi, sehingga mengakibatkan antrian yang cukup panjang pada fasilitas pelayanan kasir (server) khususnya pada hari libur. Berdasarkan hasil survey pendahuluan, lama waktu mengantri berkisar antara 5-25 menit. Apabila antrian terlalu panjang, akan mengakibatkan kejenuhan pelanggan sehingga dapat menimbulkan kehilangan pelanggan. Analisis sistem antrian dapat dilakukan dengan bantuan metode simulasi menggunakan software ARENA versi 5.0. Metode simulasi dapat memberikan penyelidikan yang langsung dan terperinci dalam periode waktu tertentu dan lebih realistis terhadap sistem nyata. Data yang digunakan untuk analisis sistem antrian ini adalah data primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan (server), untuk pengukuran waktu dilakukan dengan menggunakan bantuan stopwatch. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelanggan yang datang ke rumah makan ini memiliki waktu antar kedatangan yaitu dari 1.12–1.48 menit. Kemudian waktu yang dihabiskan pelanggan untuk mengantri berkisar antara 13.25–19.29 menit, dan lama waktu kasir (server) dalam melayani pelanggan mengabiskan waktu antara 1.19–1.55 menit. Berdasarkan hasil dari 3 skenario perbaikan yang telah dirancang, maka dipilih skenario 2 yang paling optimal yaitu dengan penambahan satu fasilitas pelayanan kasir (server). Maka model antrian yang cocok adalah (M/M/2);(FCFS/∞/∞) dengan sistem antrian Multichannel-Single Phase, dimana terdapat dua jalur antrian dengan dua fasilitas pelayanan kasir (server).

English Abstract

The food development has been increasing. There are so many food product innovation in society. One of the innovation is the spicy food. Kober Mie Setan Restaurant at Jl. Soekarno Hatta-Malang is one of the restaurant which is offer the spicy noodle with several kinds of spicy level. Malang society give the big enthusiast with this product, that is why so many customer come in this restaurant everyday. It makes the queuing line is very long. Based on the recent survey, the waiting time in queuing line is about 5-25 minutes for each customer. If the queuing line is very long, the customer will feel bored, and it makes the customer leaving. To analyze queuing system we can use simulation method which is applied by using ARENA 5.0 software. The simulation method give the direct and detail investigation in certain period with the realistic result as same as the real system. The data which is taken for this study is primary data. The data is arrival time and the service time of customer which are measure by stopwatch. From this study we can know that each customer has the spacing arrival time with the other customer about 1.12-1.48 minutes, while the waiting time is bout 13.25-19.29 minutes, and the service time is about 13.19-15.5 minutes. Based on the 3 fixing scenario , the optimum scenario is 2nd scenario which is add one server facility. So, based on the analysis the suitable queuing method is (M/M/2);(FCFS/∞/∞) with queueing system is Multichannel-Single Phase which applied two queuing line and two server facility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/386/051406384
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 647 Management of public households (institutional housekeeping) > 647.9 Specific kinds of public households and institutions > 647.95 Eating and drinking places > 647.950 113 Restaurants--Computer simulation
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2014 08:09
Last Modified: 08 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149792
[thumbnail of lembar_pengesahan_dan_persetujuan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan_dan_persetujuan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_N.SusilaAhse.pdf]
Preview
Text
Skripsi_N.SusilaAhse.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item