Pratiwi, Annike Yuliansastra (2014) Analisis Atribut yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Pemetaan Persepsi Mie Instan (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bertambahnya produsen mie instan di Indonesia akan meningkatkan persaingan yang semakin ketat. Hal tersebut menuntut perusahaan mie instan untuk mengetahui bagaimana positioning produk mereka dan merencanakan strategi pemasaran untuk tetap bertahan di posisinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli mie instan serta menentukan posisi produk yang terbentuk antara keempat merek produk mie instan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor dan Biplot. Analisis faktor untuk mengetahui pengaruh atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi mie instan dan biplot untuk melihat posisi suatu merek produk. Responden penelitian Mahasiswa S1 yang pernah membeli dan mengkonsumsi mie instan. Teknik pengambilan sampel dengan judgement sampling dan jumlah sampel 100 orang. Atribut yang digunakan yaitu tekstur, rasa, kemasan, isi, variasi rasa, merek dikenal, harga sesuai kualitas, harga terjangkau, selisih harga antar merek, kemudahan memperoleh, lokasi, ketersediaan, iklan dan promosi penjualan. Hasil dari analisis faktor diketahui bahwa atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi mie instan adalah rasa (x2), isi (x4), variasi rasa (x5), merek dikenal (x6), harga sesuai dengan kualitas (x7), harga terjangkau (x8), selisih harga antar merek (x9), kemudahan memperoleh (x10), lokasi (x11), ketersediaan (x12), iklan (x13), dan promosi penjualan (x14). Berdasarkan hasil analisis biplot diketahui Mie Sedaap merupakan mie instan dengan posisi pertama, Indomie menempati posisi kedua kemudian Supermi posisi ketiga sedangkan Sarimi di posisi keempat.
English Abstract
The increasing number of instant noodle producers in Indonesia will lead to the tighter competition. Instant noodle companies must understand their product positioning and to prepare marketing strategy to defend this position. The objective of research, therefore, is to determine the attributes considered by consumer in purchasing instant noodle, and to ascertain the competition among four instant noodle products. The analysis tools used in this research are Factor Analysis and Biplot Analysis. Factor analysis aims to understand the influence of the attributes considered by consumer in purchasing and consuming instant noodle, while biplot analysis is designed to figure out the position of a product. Respondent includes S-1 students who have bought and consumed instant noodle. Sampling technique is judgment sampling and The determination of sample is 100 samples. The considered attributes are texture, taste, package, content, variation of taste, popular brand, price, price adjusted to quality, affordable price, price difference among brand, easiness to obtain, location, availability, advertisement, and sale promotion. Result of factor analysis indicates that attributes considered by consumer in purchasing and consuming instant noodle are taste (x2), content (x4), variation of taste (x5), popular brand (x6), price adjusted to quality (x7), affordable price (x8), price difference among brand (x9), easiness to obtain (x10), location (x11), availability (x12), advertisement (x13), and sale promotion (x14). Pursuant to result of Biplot Analysis, it is shown that Mie Sedaap is an instant noodle product which has first position, Indomie gets second position, Supermi at third position while Sarimi remains in fourth position.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2014/334/051405009 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2014 07:22 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 04:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149735 |
Preview |
Text
Skripsi_Annike_Yuliansastra_105100300111050.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |