Analisis Strategi Pemasaran Kripik Singkong dengan Metode SWOT dan Matrik Boston Consulting Group (BCG) (Studi Kasus di UKM Wijaya,Malang)

Yuda, Muharrhom Riezky Syah (2014) Analisis Strategi Pemasaran Kripik Singkong dengan Metode SWOT dan Matrik Boston Consulting Group (BCG) (Studi Kasus di UKM Wijaya,Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keripik Singkong merupakan produk olahan dari komoditi produk pertanian yang cocok dijadikan unit bisnis, karena manfaat yang diperoleh dari singkong tersebut cukup banyak dan bermanfaat. UKM Wijaya merupakan salah satu produsen kripik singkong di Kota Malang. Menurunnya jumlah penjualan merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UKM Wijaya sehingga UKM Wijaya dituntut untuk dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk menaikkan jumlah penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran keripik singkong yang dapat dilakukan UKM Wijaya berdasarkan analisis SWOT dan matrik Boston Consulting Group (BCG). Analisis SWOT merupakan teknik partisipasi yang sangat sederhana dan sistematis, yang dapat digunakan di berbagai situasi untuk mengidentifikasi kekuatan dan peluang serta bagaimana mengoptimalkannya, selain mengidentifikasi kelemahan dan ancaman untuk mempermudah merumuskan langkah-langkah untuk mengatasinya. Selain dengan SWOT, pemetaan strategi juga sering dilakukan dengan matrik BCG (Boston Consulting Group). Matriks BCG membagi posisi sebuah perusahaan atas unit bisnis berdasarkan tingkat pertumbuhan pasar dan market share ke dalam empat matriks, yaitu dog, star, question mark, dan cash cow Prosedur penelitian ini adalah survei pendahuluan, identifikasi masalah, studi literatur, Identifikasi variabel, penentuan sampel, penyusunan kuesioner, analisis data, menganalisis pemasaran, dan kesimpulan. Responden untuk konsumen menggunakan metode Convenience Sampling. x Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa UKM Wijaya selama ini telah memiliki kekuatan internal yang baik dengan nilai total faktor internal sebesar -0,42, dimana nilai Strenght adalah 2,04 dan nilai Weakness adalah -1,62. Analisis Tabel faktor eksternal menunjukkan bahwa untuk faktor-faktor Opportunity nilai skornya 1,93 dan faktor Threat -1.56. perhitungan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar sebesar 15,94% dan pangsa pasar relatif tahun 2012 sebesar 1.12 dan pada tahun 2013 sebesar 1.2. Hal ini berarti bahwa tingkat pertumbuhan pasar rendah tetapi menunjukkan memiliki pangsa pasar yang besar.

English Abstract

Cassava chips is product from agriculture commodity which good to be business unit, because there is much can take benefit from cassava. UKM Wijaya is one among many other casava chips produser at Malang City. Decreased number of selling is main problem from UKM Wijaya, so UKM Wijaya must make the best marketing strategy to increase number of selling. The purpose of this research is to find market strategy for cassava chips which compatible for UKM Wijaya experiment by SWOT analyze and Boston Consulting Group (BCG) matrix. SWOT analyze is simple and systematically participate technique, which can use at any situation for identification and optimize strenghts and opportunities, other than identification weaknesses and threats for assist at complete formula steps. Strategy mapping can be done with Boston Consulting Group (BCG) matrix. BCG matrix split up company possition based on market grow rate and market share to four matrix, that is dog, star, question mark and cash cow. This research prosedure is prenimilary survey, problem identification, study of literature, variable identification, sampling, making questionnare, data analyze, marketing analyze, and conclusion. Making responden for sampling use Convenience Sampling method. SWOT analyze result indicated UKM Wijaya has good internal strength with internal factor total score -0,42, which strenght score is 2,04 and weaknesses score is -1,62. External factor tabel indicated for opportunities factor have score 1,93 and threat factor -1,56. Calculation result for market grow rate is 15,94% and market share relatif at 2012 is 1,12 and at 2013 is xii 1,2. This result indicated which market grow rate is low possition but have high market share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/323/051404959
Uncontrolled Keywords: Metode SWOT, Matriks BCG, Tingkat Pertumbuhan Pasar, Pangsa Pasar,-SWOT Methods, Matrix BCG, Market Grow Rate, Market Share
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Aug 2014 08:13
Last Modified: 02 Dec 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149723
[thumbnail of Skripsi_Riezky.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Riezky.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item