Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Model Fuzzy Multi Attribute Decision Making Metode Simple Additive Weighted (Studi Kasus Pada Rumah Makan Kober Mie Setan Malang)

Savitri, Irma Ayu (2014) Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Model Fuzzy Multi Attribute Decision Making Metode Simple Additive Weighted (Studi Kasus Pada Rumah Makan Kober Mie Setan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah makan merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk umum. Usaha rumah makan saat ini berkembang pesat karena perkembangan jaman membuat sebagian besar penduduknya disibukkan dengan rutinitas kerja sehingga tidak sempat untuk menyiapkan makanan. Kober mie setan merupakan salah satu rumah makan yang sedang berkembangpesat di Kota Malang. Salah satu hal penting dalam usaha rumah makan adalah kinerja karyawan. Kinerja karyawan dapat mempengaruhi pencapaian tujuan dari usaha rumah makan sehingga dibutuhkan penilaian terhadap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pada pihak manajemen dalam proses penilaian karyawan yaitu menghasilkan suatu sistem penilaian kinerja karyawan yang dapat membantu proses pengambilan keputusan dalam penentuan bonus dan mengetahui hasil perangkingan karyawan yang berhak menerima bonus berdasarkan urutan nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighted (SAW) dengan model Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM). Penilaian ini dilakukan pada 23 orang karyawan aktif yang bekerja di kober mie setan Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem penilaian kinerja karyawan yang telah lolos uji verifikasi dan uji validasi serta hasil perangkingan karyawan yang berhak mendapat bonus adalah 7 orang karyawan yang memiliki nilai > 17 yaitu Andri dengan nilai 21.2, Wisnu dengan nilai 20.75, Selamet dengan nilai 20.2, Jajang dengan nilai 19.4, Lia dengan nilai 18.6, Arya dengan nilai 18.6, dan Sandra dengan nilai 17.4.

English Abstract

Restaurant is a commercial business which provide food and beverage. This business is growing rapidly because of the majority population’s routine work so they didn’t have much time to prepare their food. Kober Mie Setan is one of restaurant which growing rapidly in Malang. One of the most important thing in culinary business is performance of employee. Employee performance can affect the goal of that restaurant itself, so that need some employee evaluation. The purpose of this study is to give some simplicity to the restaurant management in an employee evaluation that produces a employee performance evaluation system that can help the management to make a decision about amount of the additional fee and to find out the result of the employee ranking based on their own score. This study used Simple Additive Weighted (SAW) method with Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM) model. The assessment was performed on 23 active employees who work in kober mie setan Malang. The result of this study is to produces an employee performance evaluation system which has passed verification and validation test. At the end, we can get 7 employees who can receive their additional fee based on their own score. They are Andri with 21.2, Wisnu with 20.75, Selamet with 20.2,Jajang with 19.4, Lia with 18.6, Arya with 18.6, and Sandra with 17.4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/278/051404351
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Aug 2014 13:22
Last Modified: 09 Nov 2021 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149673
[thumbnail of Skripsi_-_Irma_Ayu_Savitri,_105100301111068,_TIP,_2010.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Irma_Ayu_Savitri,_105100301111068,_TIP,_2010.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item