Analisis Pengaruh Strategi Branding Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo dengan Pendekan Partial Least Square.

Oktavianita, Bety (2014) Analisis Pengaruh Strategi Branding Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo dengan Pendekan Partial Least Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membangun dan mengelola merek yang baik penting untuk dilakukan agar menarik minat konsumen dan meningkatkan keuntungan pada perusahaan. Merek membedakan produsen atau produk dari penjual, sehingga merek dapat memudahkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Dengan adanya merek, konsumen dapat dengan mudah membedakan produk yang akan dibelinya dengan produk lain terkait kualitas, kepuasan, kebanggaan ataupun atribut lain yang melekat pada merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Sekaligus menentukan strategi pengembangan merek yang dapat dilakukan pada rumah makan Ayam BakarWong Solo. Metode yang digunakan adalah metode Partial Least Square (PLS) yang merupakan metode analisis powerfull karena dapat diterapkan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel tidak harus besar. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada konsumen rumah makan Ayam Bakar Wong Solo dengan total sampel sebanyak 84 responden. Variabel yang diamati pada penelitian ini terdiri atas strategi merek (X1), citra merek (X2) dan keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian, strategi merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung (1,9435) lebih besar dari t-tabel (1,66) dan outer loading bernilai positif (0,1867). Strategi merek juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dengan hasil t-hitung (6,7059) lebih besar dari t-tabel (1,66) dan outer loading bernilai positif (0,5164). Demikian pula dengan citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo, dengan hasil t-hitung

English Abstract

Building and managing a good brand are important to do to attract consumers and increase the profit’s company. A brand is an identity of a product or a company, this can facilitates consumers in the process of purchasing decision. Brand helps consumers to distinguish between a product with another product related to quality, satisfaction pride or other attributes attached to it. This study is meant to analyze the effect of brand strategy and brand image towards purchasing decisions of consumers at restaurant Ayam BakarWong Solo. Moreover this study determines the brand development strategy that can help restaurant Ayam BakarWong Solo. This study used Partial Least Square method which is a powerfull analysis method. Therefore, this method can be applied to all data scale. It does not require a lot of assumptions and sample. The data taken from questionnaires distributing to consumers at restaurant Ayam Bakar Wong Solo. The sample were 84 respondents. The variables consists of brand strategy (X1), brand image (X2) and purchasing decisions (Y). According to the result of this study, brand strategy had positive and significant influence towards purchasing decisions. It was found that t-statistics (1,9435) bigger than t-table (1,66) and outer loading had positive value (0,1867).Brand strategy had positive and significant influence towards brand image. It was found that t-statistics (6,7059) bigger than t-table (1,66) and outer loading had positive value (0,5164).Brand image had positive and significant influence towards purchasing decisions. It was found that t-statistics (6,3496) bigger than t-table (1,66) and outer loading had positive value (0,5654)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/264/051404160
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2014 15:15
Last Modified: 21 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149658
[thumbnail of Skripsi_Bety.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bety.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item