Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Susu Instan Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) Di Kota Malang

Fedira, Alivinda Difa (2014) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Susu Instan Menggunakan Metode Partial Least Square (PLS) Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang digemari banyak orang. Bisnis kopi hanya mampu disaingi oleh bisnis minyak bumi. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas kopi yakni dengan membuat kopi instan. Kopi instan dikenal karena kepraktisannya selama beberapa dekade yang lalu. Kopi instan yang ada saat ini tidak hanya kopi hitam saja, tetapi sudah menghadirkan berbagai macam varian kopi instan. Preferensi konsumen didefinisikan sebagai selera subjektif (individu), yang diukur dengan utilitas, dari berbagai barang. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) yang bersifat predivtive model. Penggunaan metode ini akan memperlihatkan informasi faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan di Kota Malang. Salah satu langkahnya yaitu dilakukan konversi diagram jalur ke persamaan dengan mengkonversikan diagram jalur kedalam persamaan struktural (inner model) yang menjelaskan hubungan antar variabel dan persamaan pengukuran (outer model) yang menjelaskan hubungan variabel laten dengan indikatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap kopi susu instan adalah kualitas produk dengan nilai koefisien jalur 0,373, harga dengan nilai koefisien jalur 0,395, promosi dengan nilai koefisien jalur 0,089, dan kemasan dengan nilai koefisien jalur 0,207. Masing-masing variabel bernilai positif sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen beranggapan jika variabel-variabel tersebut mampu mempengaruhi preferensi mereka terhadap kopi susu instan. Hasil dari evaluasi Goodness of Fit Inner Model nilai R-Square yang didapat diatas 0,5 yaitu 0,861 yang berarti bahwa preferensi konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, promosi dan kemasan sebesar 0,861 atau 86,1%. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,660 hal ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel m emiliki pengaruh terhapad preferensi konsumen.

English Abstract

Coffee is one of the favorite drink for many people in the world. The business of coffee just can be rivaled by the business of petroleum. The one of effort to increase the value coffee commodity by instant coffee. Currently, instant coffee not only the black one but also many kinds of instant coffee. The research uses Partial Least Square method which has predictive model. This method will show the factor information that affect consumer preferences towards instant coffee milk in Malang. The one of the step is conversion charts parth to convert the track into the path diagram of the structural equation that explain the relation of each latents variabel and indicators. This research aims to know and analyze variables that influence consumer preferences for coffee. B sed on consumer preferences, they are found variables that influence consumer preferences for instant coffee milk is quality of product with it’s path coefficient value is 0,373, price with thw path coefficient value is 0,395, promotiaon with the path coefficient is 0.089 and it’s packaging with the path coefficient value is 0,207. It has positive value for each variable. So, it can be concluded that consumer assume that those variables can influence their preferences of instant coffee milk. The result of Goodness of Fit Inner Model R-Square value is obtained above 0,5 with exactly value is 0,861. It shows that consumer preferences are influence by quality product, price, promotion and packaging which have value of 0,861 or 86,1%. The hypothesis test show that the thitung is greater that t-table which have value of 1,660. This condition show that each variable give nfluence to consumer preferences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/226/051403866
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jul 2014 10:52
Last Modified: 11 Mar 2022 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149615
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item