Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Teh Segar (Camellia sinensis) Terhadap Karakteristik Kimia Pangan Serta Organoleptik Kacang Pres Goreng Selama Penyimpanan

Putri, Aprodhyta Christy K (2014) Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Teh Segar (Camellia sinensis) Terhadap Karakteristik Kimia Pangan Serta Organoleptik Kacang Pres Goreng Selama Penyimpanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kacang Tanah (Arachis hypogea) merupakan salah satu komoditi pangan Indonesia yang sudah tidak asing dalam masyarakat. Kacang tanah sering kali dikonsumsi masyarakat dalam bentuk makanan ringan. Kacang tanah mengandung 44% lemak, yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat mempengaruhi kesehatan. Pengepresan merupakan salah satu metode pengolahan bahan pangan secara mekanik, yang mampu mengurangi kadar lemak kacang tanah, sehingga meningkatkan komposisi proteinnya. Ekstrak daun teh segar ditambahkan untuk meminimalkan kerusakan produk selama penyimpanan. Ekstrak daun teh segar mengandung senyawa antioksidan yang mampu menghambat reaksi-reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan pada bahan berlemak dan berminyak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun teh segar (Camellia sinensis) terhadap karakteristik kimia pangan serta organoleptik kacang pres goreng selama penyimpanan.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor, yaitu dengan penambahan estrak daun teh segar (konsentrasi 0,5%, 1%, 1,5%) dan lama penyimpanan kacang pres goreng (0 hari, 15 hari, 30 hari). Keragaman data dianalisis dalam Analysis of Varian (ANOVA) dengan selang kepercayaan 5%. Jika terdapat pengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT dengan selang kepercayaan 0,05. Dari penelitian diperoleh bahwa penambahan ekstrak daun teh segar tidak memiliki interaksi dan pengaruh yang nyata terhadap kadar lemak dan protein kacang pres goreng selama penyimpanan. Namun berpengaruh nyata dan tidak memiliki interaksi terhadap bilangan peroksida, kadar asam lemak bebas dan aktivitas antioksidan selama penyimpanan kacang pres goreng. Hasil Uji organoleptik menunjukkan bahwa rasa kacang goreng pres yang paling disukai adalah produk dengan penambahan konsentrasi ekstrak daun teh segar sebesar 0,5% dan belum disimpan. Sedangkan aroma yang paling disukai adalah pada penambahan konsentrasi ekstrak sebesar 1,5% dan sebelum disimpan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/180/051403280
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jun 2014 09:35
Last Modified: 11 Mar 2022 00:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149567
[thumbnail of APRODHYTA_CHRISTY_KUSUMA_PUTRI_(0711013022).pdf]
Preview
Text
APRODHYTA_CHRISTY_KUSUMA_PUTRI_(0711013022).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item