Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang).

Putri, Nyimas Ekinevita (2014) Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis makanan atau bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Kecenderungan orang untuk makan di luar rumah semakin meningkat dengan berbagai alasan praktis, ekonomis maupun prestige. Konsep yang ditawarkan kepada konsumen berbeda-berbeda salah satunya yaitu restoran makanan yang menyajikan menu beragam dan cepat saji. Ketatnya persaingan antar usaha sejenis baik yang baru memulai maupun yang sudah lebih dulu dikenal oleh konsumen, mengharuskan pengelola Restoran Big Burger memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dilakukan perencanaan strategi pengembangan di Restoran Big Burger. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alternatif perencanaan strategi yang tepat serta untuk mengetahui prioritas strategi pengembangan Restoran Big Burger Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Matriks SWOT dipilih karena merupakan alat yang cepat, efektif dan efisien dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan pengembangan, pengambilan keputusan dan memperluas visi dan misi organisasi. Keunggulan dari penggunaan metode QSPM yaitu rangkaian strategi dalam metode QSPM dapat diamati secara berurutan dan bersamaan serta memperkecil kemungkinan bahwa faktor-faktor utama akan terlewat namun membutuhkan penilaian secara intuitif dan asumsi yang mendasar. Responden yang digunakan adalah konsumen sebanyak 96 orang dan empat responden ahli yaitu manajer, kepala bagian produksi, kepala bagian keuangan dan kepala bagian pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa nilai matriks Internal Factor Evaluation adalah sebesar 2,758 dan nilai matriks Eksternal Factor Evaluation adalah 2,510. Analisa posisi restoran dengan menggunakan matriks Internal Eksternal didapatkan bahwa Restoran Big Burger berada pada sel V yang menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan matriks SWOT didapatkan delapan alternatif strategi khusus. Prioritas strategi didapatkan dengan menggunakan matriks QSPM untuk mendapatkan nilai Total Attractive Score (TAS). Strategi dengan nilai TAS terbesar merupakan strategi prioritas, strategi tersebut adalah meningkatkan mutu dan menjaga kehalalan pangan (6,353). Strategi pada urutan kedua dan ketiga yaitu strategi membuka outlet baru (6,299) dan layanan pesan antar (6,015). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi prioritas yang dapat diterapkan Big Burger yaitu strategi pengembangan produk dengan melakukan peningkatan mutu dan menjaga kehalalan pangan. Saran yang dapat diberikan kepada Restoran Big Burger Malang yaitu melakukan pengembangan produk dan penetrasi pasar. Saran yang bisa diberikan untuk penelitian berikutnya yaitu melakukan perbandingan penelitian perencanaan strategi pengembangan di Restoran Big Burger dengan menggunakan metode lain seperti ANP dan AHP.

English Abstract

Food business or culinary business is one of prospective business because the food is main priority of basic human needs fulfillment. The tendency of people to eat outside the home has increased by a variety reasons such as practical, economic and prestige. The concept offered to consumers are different, one of which is a restaurant that serves a variety of food and fast food. Tight competition among new entries or exciting business wellknown, makes Big Burger Restaurant managers take opportunities on it. Therefore, in this study will plan the strategic development at Big Burger Restaurant. The purpose of this study are to determine the development appropriate alternative strategy planning and determine the priority of development strategy at Big Burger Restaurant Malang. The method used in this study is SWOT analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). SWOT matrix chosen because it is a tool that fast, effective and efficient in finding possibilities relating to the development, decision-making and expand the vision and mission of the organization. The benefits of QSPM method are the steps of strategies that can be observed in QSPM method sequentially and simultaneously and minimize the possibility that the main factors will be missed but need assessment intuitively and use assumptions. Respondents who used are 96 consumers and 4 experts respondents, namely manager, head of production, head of finance and head of service. Based on the results of the study, it was found that the value of Internal Factor Evaluation matrix was 2,758 and External Factor Evaluation matrix value was 2,510. Position analysis used Internal Eksternal matrix obtained that Big Burger Restaurant was located on the cell V which showed that the strategies which could be applied were market penetration and product development. Based on SWOT matrix obtained eight specific alternative strategies. Priority strategy was obtained used QSPM matrix to got Total Attractive Score (TAS) value. Strategy with the highest value of TAS was a priority strategy, that strategy was to improve the quality and maintain the halal food (6.353). Strategy in the second and the third were opening a new outlet (6.299) and giving delivery order service (6,015). The conclusion of this research is a priority strategy that can be applied to Big Burger is product development strategy by improving the quality and keeping halal food. Advice can be given to the Big Burger Restaurant Malang is doing product development and market penetration. The advice can be given to the next research is to do a comparison study on the development strategic planning at Restaurants Big Burger using other methods such as ANP and AHP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/142/051402821
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2014 09:28
Last Modified: 10 Mar 2022 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149526
[thumbnail of SKRIPSI_NYIMAS_EKINEVITA_PUTRI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NYIMAS_EKINEVITA_PUTRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item