Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Sari Alang – Alang Pesona Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Pada Ukm R. Rovit Kota Wisata Batu).

Lutvianto, Novan (2014) Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Sari Alang – Alang Pesona Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Pada Ukm R. Rovit Kota Wisata Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha mempertahankan pangsa pasar dapat dicapai dengan cara menjaga kualitas produk, selain itu perusahaan harus berusaha melakukan pengukuran kepuasan pelanggan agar mengetahui atribut apa saja dari suatu produk yang bisa membuat pelanggan tidak puas dengan produk yang dihasilkan, serta memberikan tanggapan terhadap harapan yang diinginkan pelanggan. UKM R. Rovit merupakan produsen minuman Sari Alang-alang Pesona. Tradisi peningkatan jumlah penjualan dari produk minuman Sari Alang-alang ini sudah seharusnya dipertahankan dan bahkan dikembangkan oleh UKM R. Rovit. Sampai saat ini belum pernah dilakukan penelitian mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk ini, oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan analisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode QFD. Davis (2003) menegaskan bahwa QFD adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membentuk proses respon terhadap kebutuhan konsumen, menjelaskan apa yang diinginkan oleh pelanggan ke dalam produk yang dihasilkan perusahaan, dan proses yang menuju pada peningkatan proses yang memungkinkan perusahaan untuk memenuhi harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk Sari Alang-alang Pesona menggunakan metode QFD. Dalam metode QFD terdapat beberapa matriks House of Quality (HOQ), dan pada penelitian ini hanya dianalisis sampai matriks level 3 saja. Setelah tingkat kepuasan pelanggan dianalisis, maka dapat ditentukan strategi perusahaan dalam menanggapi harapan pelanggan tersebut. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Rata-rata kepuasan pelanggan produk Sari Alang-alang Pesona adalah 4.115 (memuaskan). Urutan prioritas tertinggi pada ciri-ciri teknikal adalah keadaan mesin dengan nilai 14.723 %, sedangkan untuk urutan prioritas tertinggi pada teknologi terapan adalah penerapan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000 yang bernilai 24.452%. Selain itu pada proses pemanufakturan, prioritas tertinggi terdapat pada penyusunan HACCP dengan nilai 19.454%. Dari ketiga solusi yang ditawarkan dengan melihat nilai prioritas tertinggi, maka urutan prioritas solusi yang ditawarkan pertama adalah teknologi terapan, urutan kedua adalah proses pemanufakturan dan pada urutan ketiga adalah ciri-ciri teknikal. Usulan strategi UKM dalam menanggapi harapan pelanggan tersebut adalah mempelajari dan mempersiapkan persyaratan-persyaratan dalam menerapkan sistem manajemen keamanan pangan ISO 22000 sesuai pedoman yang telah diterbitkan oleh badan sertifikasi yang berwenang. Disamping itu UKM juga diharapkan dapat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyusunan HACCP. UKM juga diharapkan dapat menjaga performa dan kondisi mesin serta peralatan produksi, sehingga dihasilkan produk yang sesuai harapan pelanggan dan kepercayaan pelanggan tetap terjaga.

English Abstract

Effort to maintain market share can be achieved by maintaining the quality of the product, other than that the company should attempt to measure customer satisfaction in order to know what are the attributes of a product that can make the customer is not satisfied with the products, as well as to respond to the expectations of the customer desired. UKM R. Rovit a beverage manufacturers Extract Alang-alang Pesona. Tradition increase in the number of sales of beverage products extract alang-alang is already supposed to be maintained and even developed by UKM R. Rovit. Until now it has never done research on customer satisfaction with the product, therefore in this study analyzed customer satisfaction by using QFD. Davis (2003) asserts that QFD is an activity that is carried out to establish the response to customer needs, explain what is desired by the customer into the product produced by the company, and the process that led to the improvement of the process that enables the company to appeased customer expectations. The purpose of this research was to analyze the level of customer satisfaction with the product extract alangalang Pesona QFD method. In the QFD matrix contained some House of Quality (HOQ), and in this research only analyzed up to level 3 matrix. Having analyzed the level of customer satisfaction, so we can determine the companys strategy in response to the customers expectations. From this research it can be seen that the average customer satisfaction of products extract alang-alang Pesona is 4.115 (satisfactory). The order of the highest priority on technical characteristics is a machine condition with a value of 14.723 %, as for the highest priority to sequence the applied technology is the application of food saf ety management systems ISO 22000 which is worth 24.452 %. Also on manufactring process, there is the highest priority in the preparation of HACCP with the value of 19.454 %. Of the three solutions offered by looking at the value of the highest priority, so the priority order of the first proposed solution is applied technology, the second order is manufacturing process and the third is technical characteristics . Proposed UKM strategy in response to the customers expectations are studying and preparing for the requirements of implementing a food safety management system according to ISO 22000 guidelines have been issued by an authorized certification organisation. Besides that, UKM also expected to prepare everything related to the preparation of HACCP. UKM also expected to maintain the performance, condition of machinery and production equipment, to produce products that convenient customer expectations and customer confidence is maintained.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2014/100/051402099
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2014 14:15
Last Modified: 22 Oct 2021 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149480
[thumbnail of Skripsi_Novan_Lutvianto.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Novan_Lutvianto.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item